Current Issues

CATL Bantah Bantu Tesla Jual Kendaraan Listrik Cacat di Tiongkok

Jingga Irawan

Posted on June 22nd 2021


Credit: CNET

Tesla terus diserang oleh media Tiongkok selama beberapa bulan terakhir karena berbagai masalah berbeda. Mulai dari kondisi kendaraan yang tak layak, perusahaan tak bertanggung jawab, hingga tuduhan mata-mata AS.

Serangan terbaru, Tesla dikatikan dengan salah satu produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia, Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL). Dilansir dari Electrek, Selasa (22/6), rumor tersebut mengatakan bahwa Tesla bersekutu dengan CATL menjual kendaraan diskonan yang cacat pada karyawan CATL.

Memang benar bahwa karyawan CATL, sekaligus pemasok baterai untuk Tesla Tiongkok, ditawari kendaraan Tesla yang diberi potongan harga. Nah, Tesla sendiri selama ini terkenal sebagai perusahaan yang pelit diskon. Jadi begitu, ada informasi bahwa karyawan CATL bisa mendapatkan Tesla dengan harga murah, beberapa orang curiga menghembuskan segudang pernyataan.

Beberapa orang di media sosial -yang mengaku sebagai karyawan CATL- mulai menyebarkan desas-desus bahwa kendaraan tersebut didiskon karena cacat. Para pencela Tesla juga menuduh bahwa perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk tersebut menggunakan CATL untuk membantu penjualan dan mengurangi persediaan di negara itu karena penjualannya yang terus menurun.

Desas-desus itu akhirnya mendorong CATL untuk turun tangan dan mengomentari situasi yang terus memanas. Melalui media yang berafiliasi oleh pemerintah, Global Times, CATL membantah rumor online yang mengklaim bahwa mereka memaksa karyawannya untuk membeli kendaraan Tesla yang rusak.

Ternyata, bukan Tesla yang mendiskon kendaraan. Langkah tersebut murni dilakukan CATL sebagai bagian dari program untuk membantu karyawannya beralih ke kendaraan listrik. Diskon juga ditawarkan untuk pembelian kendaraan listrik merek lainnya. Sehingga, program tersebut tidak ada hubungannya secara spesifik dengan Tesla, atau mobil yang rusak. Nah karyawan CATL kemudian banyak memilih Tesla karena alasan kepopuleran saja. Apalagi Tesla masih sebagai kendaraan listrik terlaris di Tiongkok.

Menurut Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok (CPCA), Tesla berhasil menjual 21.936 kendaraan di Negeri Panda pada Mei 2021. Namun, laporan lain mengklaim bahwa pesanan bersih Tesla berkurang setengahnya selama periode yang sama, karena kabar-kabar negatif tentang Tesla di media di Tiongkok.(*)

Related Articles
Current Issues
Elon Musk Tiba-Tiba Puji Produsen EV Tiongkok, Ada Apa Nih?

Current Issues
Tesla: Data Pengguna Tiongkok Tak Akan Keluar, Tetap Disimpan di Dalam Negeri

Tech
Pembuat Baterai EV Asal Tiongkok Perkenalkan Baterai Sodium-ion