Esports

The International 10 Terancam Batal Digelar di Swedia

Dika Afandi N

Posted on June 22nd 2021

Kabar kurang mengenakkan hadir dari scene DOTA 2. Valve sebagai developer DOTA 2 pada Selasa (22/6) mengumumkan bahwa turnamen prestisius The International 10 tak akan dihelat di Avicii Arena, Stockholm, Swedia pada 5 Agustus mendatang.

Pasalnya, pihak pemerintah Swedia memutuskan tidak memberikan izin untuk gelaran turnamen bergengsi di DOTA 2 tersebut. Valve mengatakan bahwa pemerintah Swedia menolak mengakui The International 10 sebagai turnamen olahraga. Imbasnya, bila The International 10 tetap digelar di Swedia, visa pemain, talent dan staff tim akan ditolak mentah-mentah oleh pemerintah Swedia dan tak bisa masuk ke negara tersebut.

“Kami telah bertemu dengan Federasi Esports Swedia (SESF) dan Visit Stockholm (dinas pariwisata Swedia) tetapi menemui jalan buntu. Kami akhirnya memutuskan untuk menemui Menteri Dalam Negeri Swedia agar The International 10 dapat dikaji ulang sebagai event olahraga elit,” terang Valve di situs resminya.

Selain itu, Valve juga telah menyiapkan plan B bila pemerintah Swedia tetap alot untuk menggelar The International 10. Rencana tersebut adalah memindahkan The International 10 ke negara Eropa lainnya.

“Kami optimis bahwa permasalahan ini akan temukan solusinya untuk menggelar The International 10 di daratan Eropa tahun ini,” terang Valve lebih lanjut. Valve juga berkomitmen bahwa akan menyelenggarakan The International 10 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Sebenarnya, The International 10 akan dihelat pada tahun 2020 lalu. Akan tetapi, pandemi virus Covid-19 menggagalkan event akbar tersebut dan DOTA 2 Pro Circuit (DPC) 2019-2020. Pada bulan Mei lalu, Valve pun mengumumkan bahwa The International 10 resmi digelar tahun ini.

Edisi pertama The International sendiri diadakan di Cologne, Jerman pada tahun 2011 silam. Mulai tahun 2012 hingga tahun 2017, The International selalu diadakan di Amerika Serikat. Tepatnya di dekat kantor pusat Valve yang berada di Seattle sebelum pindah di Vancouver, Kanada pada 2018 lalu.

Lalu pada tahun 2019, The International pertama kalinya diadakan di luar Eropa yaitu di Tiongkok. Kota Shanghai terpilih sebagai tuan rumah untuk menghelat gelaran akbar tersebut.

Saat ini Valve telah mengkonfirmasi bahwa kualifikasi regional The International 10 tetap berlangsung sesuai jadwal semula, yakni 23 Juni 2021. Untuk tim-tim Indonesia yang akan bertanding tentu harus tetap fokus dan semangat ya!(*)

Related Articles
Esports
Catatkan Sejarah! 2 Pemain Indonesia akan Berlaga di The International 10

Esports
TNC Predator Resmi Umumkan Hiatus dari Scene DOTA 2

Esports
Valve Umumkan The International 10 DOTA 2 di Gelar Agustus Mendatang