Tech

Saingi Gigafactory Tesla Di Eropa, Volvo Produksi Baterai Bareng Northvolt

Jingga Irawan

Posted on June 22nd 2021

credit: Volvo Car

Anak perusahaan asal Tiongkok Geely Holding, Volvo Car Group, mengumumkan rencana kerja sama patungan dengan pembuat baterai Swedia Northvolt, Senin (21/6). Dilansir dari Reuters, kerja sama ini bertujuan mengembangkan baterai untuk mobil listriknya dan mendirikan gigafactory untuk produksi.

Perusahaan bertujuan untuk mendirikan pusat penelitian dan pengembangan di Swedia yang mulai beroperasi pada 2022. Tidak hanya itu, mereka juga akan memulai gigafactory di Eropa dengan kapasitas bisa menghasilkan hingga 50 gigawatt jam (GWh) per tahun pada 2026.

"Bekerja sama dengan Northvolt juga akan memungkinkan kami untuk memperkuat kemampuan pengembangan internal kami," kata Håkan Samuelsson, kepala eksekutif di Volvo Car Group.

Northvolt akan menjadi mitra produksi sel baterai eksklusif Volvo Cars di Eropa. Pabrik tersebut bakal didukung oleh energi bersih. Diharapkan bisa mempekerjakan sekitar 3.000 orang. Namun, lokasi pabrik untuk produksi sampai saat ini belum diputuskan.

Northvolt mengumpulkan USD 2,75 miliar (Rp 39,6 triliun) pendanaan bulan ini untuk memperluas kapasitas di pabrik yang sedang dibangunnya di Swedia utara. Sedangkan Volvo berencana memasok sel baterai dari pabrik baterai tersebut mulai 2024.

Pemegang saham terbesar Northvolt adalah Volkswagen. Selain itu, Northvolt juga mendapat kontrak bernilai miliaran dari BMW dan Scania. Northvolt saat ini berupaya untuk memenuhi permintaan produsen mobil karena peralihan menuju kendaraan listrik begitu cepat.

Sementara itu, Volvo Cars punya misi menjual 50 persen mobil listrik murni pada pertengahan dekade ini. Dan, pada 2030 hanya menjual mobil listrik sepenuhnya. Penerus model listrik XC60 Volvo akan menjadi mobil pertama yang menampilkan sel baterai yang dikembangkan melalui kerja sama  patungan.(*)

Related Articles
Tech
Volvo Berencana Hanya Jual Mobil Listrik Mulai 2030

Tech
6 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Kendaraan BBM

Tech
Volkswagen Mulai Bangun Pabrik Baterai EV Tahun Depan