Tech

Geely Pede "Salip" Tesla karena Punya Teknologi SEA

Jingga Irawan

Posted on June 20th 2021

credit: Geely

Para pembuat kendaraan listrik semakin masif untuk mengklaim produknya yang terbaik. Salah satunya adalah Zhejiang Geely Holding Group (Geely Holding) yang saat ini ini telah mengembangkan platform modular bernama Sustainable Experience Architecture (SEA).

SEA menjadi bagian rencana penting perusahaan untuk memperkenalkan lebih banyak kendaraan listrik. Terutama di Tiongkok karena permintaannya tinggi. Keunggulan Platform modular milik Geely tersebut digunakan dalam berbagai jenis kendaraan, mulai dari SUV, Van, Sedan hingga Pick Up.

Geely merupakan nama besar di ruang persaingan kendaraan listrik (EV). Popularitasnya kini dibayangi oleh Tesla, karena sudah menjual beberapa model di Tiongkok. Namun, Geely tidak terlalu khawatir dengan hal ini dan percaya bahwa kendaraan berbasis platform-nya, SEA, di masa depan akan lebih baik daripada yang ditawarkan Tesla.

Kent Bovellan, Chief Engineer untuk arsitektur SEA di Geely Auto Group, mengatakan kepada Paul Tan’s Automotive News dalam sebuah wawancara baru-baru ini bahwa dia tidak terkesan dengan Tesla dan percaya bahwa platform EV khusus milik Geely secara mekanis lebih unggul.

“Kami lebih baik dari Tesla dalam hal arsitektur mekanik. Mereka sangat ahli di bagian perangkat lunak, tetapi dalam hal arsitektur mekanik, kami lebih baik. Kami memiliki solusi yang lebih hemat biaya dan mengalahkan mereka dalam hampir semua hal, kecuali untuk kinerja,” kata Bovellan dikutip dari Paul Tan’s Automotive News.

Menurut Bovellan, Tesla mungkin lebih unggul dalam hal pengembangan perangkat lunak, tetapi platform EV-nya kalah dalam banyak aspek lain. Seperti ruang interior, NVH, biaya kepemilikan dan biaya produksi dibandingkan dengan SEA.

Bovellan mengakui bahwa kemampuan kinerja kendaraan Tesla cukup baik, meskipun kendaraan berbasis SEA-nya juga baik. Misalnya, Zeekr 001, model pertama yang menggunakan platform SEA milik Geely, memiliki waktu 0-100 km/jam di bawah empat detik dan jangkauan lebih dari 700 km.

“Kami tidak terkesan dengan Tesla. Saya suka mereka berjalan dengan cara yang benar dengan arsitektur listrik kami. Kami juga melakukan hal yang sama. Mereka adalah salah satu yang pertama memperkenalkan sistem inti, tetapi secara mekanis, tidak. Tidak pernah. Kami melakukan yang lebih baik,” kata Bovellan.

Bollevan juga menambahkan bahwa mobilnya dengan platform SEA lebih ringan daripada Tesla karena menggunakan kombinasi aluminium dan baja.

Sifat open-source SEA juga memudahkan perusahaan yang ingin mengembangkan EV mereka sendiri dan melibatkan Geely untuk dukungan dan pasokan. Tidak banyak pembuat mobil yang mau berbagi teknologi mereka dengan mudah, sehingga SEA membuat terobosan baru dalam hal itu.(*)

Artikel Terkait
Tech
Pakar: Saingan Terbesar Tesla Bakal Datang dari Tiongkok

Tech
Geely Luncurkan Brand Baru Agar EV-nya Bisa Saingi Tesla

Tech
Siap Saingi Apple dan Tesla, Baidu dan Geely Kolaborasi Luncurkan Mobil Listrik