Tech

Mazda Luncurkan 13 Model Mobil Listrik pada 2025

Jingga Irawan

Posted on June 18th 2021

credit: The Japan Times

Mazda Motor Corp Jepang rupanya siap bersaing dengan pabrikan mobil lainnya. Mereka akan memperkenalkan 13 model mobil listrik baru pada 2025. Dalam deretan model tersebut, ada yang jenis hibrid dan hibrid plug-in. Menurut Reuters, peluncuran tersebut bakal menggairahkan pasar kendaraan pada 2030.

Dalam sebuah pernyataan, Mazda mengklaim akan meluncurkan tiga mobil hibrid, lima hibrid plug-in, dan tiga kendaraan listrik (EV). Semua yang pengerjaannya dimulai tahun depan. Fokus utama mereka adalah pasar Jepang, Eropa, Amerika Serikat, Tiongkok dan ASEAN.

Model-model tersebut akan menggunakan multi-solution scalable architechture Skyactiv milik Mazda. Serta sistem hybrid Toyota Motor Corp yang akan dimasukkan ke dalam beberapa model.

Pada Mei lalu, Mazda mengatakan semua kendaraan yang diproduksi pada 2030 akan menggabungkan elektrifikasi. Mazda yakin hal itu bisa meningkatkan rasio penjualan Battery-EV menjadi 25 persen dari angka yang diumumkan sebelumnya, sebesar 5 persen.

Mazda juga mengatakan akan mengembangkan platform scalable khusus untuk EV dan direncanakan untuk beberapa model, yang akan diluncurkan antara 2025 dan 2030.

“Mazda akan melakukan pengembangan EV secara mandiri, sambil menggunakan teknologi dasar yang dibuat bersama oleh Mazda, Toyota dan Denso Corp,” kata Pejabat Eksekutif Pelaksana Senior Ichiro Hirose, saat jumpa pers pada Kamis (17/6).

Secara terpisah, Mazda juga mengatakan akan memperkenalkan sistem co-pilot, bantuan mengemudi pada mobil sasis ukuran besar mulai tahun depan.(*)

Related Articles
Tech
Hyundai Luncurkan EV Ioniq 5, Energi Sampai Interior Semua Ramah Lingkungan

Tech
6 Tahun Lagi Harga Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Kendaraan BBM

Tech
Berambisi Kuasai Pasar EV dan AV, General Motors Berinvestasi Rp 503 Triliun