Current Issues

Cristiano Ronaldo Hingga Paul Pogba Singkirkan Produk Sponsor, Ini Respon UEFA

Dwiwa

Posted on June 18th 2021

Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) akhirnya memberikan respon terkait insiden beberapa pemain di EURO 2020 yang memindahkan produk sponsor saat konferensi pers. Secara tegas UEFA memperingatkan kepada seluruh peserta EURO 2020 jika hal seperti itu terjadi lagi, mereka bakal didenda.

Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang memulai aksi ini. Dalam konferensi pers jelang pertandingan Protugal kontra Hungaria pada Senin (14/6) waktu setempat, pemain Timnas Portugal itu menyingkirkan dua botol Coca-Cola di atas meja dan menggantinya dengan botol air mineral. Padahal, Coca-Cola merupakan salah satu sponsor dari EURO 2020.

Hal serupa juga dilakukan oleh gelandang Prancis Paul Pogba. Namun dalam konferensi pers usai Prancis menaklukan Jerman 1-0 itu, giliran botol bir bebas alkohol Heineken yang dipindahkan Pogba – yang merupakan seorang muslim - dari meja.

Terbaru ada gelandang Italia Manuel Locatelli yang mengikuti jejak Ronaldo dengan memindahkan botol Coca-Cola jelang konferensi pers setelah pertandingan Swiss vs Italia. UEFA, sebagai penyelenggara EURO 2020 pun akhirnya angkat bicara terkait hal ini.

“UEFA telah mengingatkan kepada tim yang berpartisipasi bahwa kemitraan merupakan hal penting terhadap pelaksanaan turnamen dan untuk memastikam pengembangan sepak bola di seluruh Eropa, termasuk untuk remaja dan perempuan,” terang UEFA seperti dilansir Evening Standard.

Menurut Direktur Turnamen Martin Kallen, sebenarnya secara kontrak pemain diwajibkan untuk mengikuti peraturan turnamen dan membiarkan botol tetap berada di tempatnya. Lalu adakah sanksi yang akan diberikan jika hal ini terjadi lagi?

“Kami tidak pernah menghukum player langsung dari sisi UEFA, kami akan melakukannya melalui asosiasi nasional dan mereka yang akan menentukan apakah ada tindak lanjut untuk pemain. Tetapi saat ini kami tidak akan langsung ke pemain. Kami memiliki peraturan yang ditandatangai federasi yang berpartisipasi,” jelasnya.

Hal ini pun bisa dijadikan peringatan jika akan ada konsekuensin disipliner yang mengikuti jika aksi ini terjadi lagi. Tetapi untuk kasus seperti Pogba, Kallen mengatakan cukup memahami karena itu terkait dengan alasan agama. (*)

 

Related Articles
Sport
Botol Coca-Cola Disingkirkan Ronaldo Saat Konferensi Pers, Saham Langsung Anjlok

Sport
Cristiano Ronaldo Resmi Jadi Pencetak Gol Terbanyak Level Internasional

Sport
Hasil Drawing Euro 2020: Perang Dingin Terjadi di Grup F