Tech

Saingi Clubhouse, Spotify Rilis Greenroom! Obrolan Langsung Jadi Podcast

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 17th 2021


(Gambar: Spotify)

Setelah membeli aplikasi siaran Locker Room pada Maret lalu, kini Spotify resmi meluncurkan Greenroom. Platform serupa Clubhouse itu menawarkan fitur audio live yang bisa diikuti banyak orang dengan berbagai topik yang tersedia. Menariknya, obrolan tersebut bisa langsung diubah menjadi podcast.

Greenroom telah diluncurkan untuk 135 negara pada Rabu (16/6) lalu untuk perangkat Android dan juga iOS. Di platform satu ini, pengguna bisa membuat ruangan berisi hingga 1000 orang untuk membahas topik mulai dari olahraga, kebudayaan, musik, dan lain-lain. Jauh lebih luas dari Locker Room yang dulunya hanya fokus ke olahraga dan pop culture.

“Sejak mengajak Locker Room bergabung, kami telah berusaha untuk memperluas kapabilitasnya dengan tujuan membangun pengalaman siaran langsung audio yang akan memuaskan kreator dan pendengar di mana pun," kata CEO dan founder Spotify Daniel Ek dalam pernyataan resmi perusahaan tersebut.

"Kami ingin melakukannya dengan sentuhan Spotify, menjadikannya ekstensi aplikasi yang telah dicintai oleh 365 juta pendengar. Maka dari itu kami menamainya Spotify Greenroom," lanjutnya. 

 

(Gambar: Spotify)

Greenroom memungkinkan pengguna Spotify buat masuk ke aplikasi tersebut dengan akun Spotify, tapi nggak wajib kok untuk memakai aplikasi tersebut. Setelah log in, kita bisa menjadi host suatu ruangan atau berpartisipasi di ruangan yang sudah ada. Di Greenroom, kita bisa berkomunikasi dengan suara dan juga chat.


(Gambar: Spotify)

Setelah perbincangan selesai, Greenroom akan mengubahnya jadi file yang bisa diunggah sebagai podcast. Spotify sendiri punya Anchor, platform untuk membangun podcast, jadi memang pas banget nih.

Bukan cuma Spotify yang ikut membangun platform serupa Clubhouse. Twitter juga sudah punya Spaces dan Facebook yang punya sederet fitur audio yang bakal dirilis. Entah media sosial mana lagi yang bakal ikut hype sama platform live audio, mari kita lihat aja~

Nah, gimana nih pendapatmu tentang Greenroom? Tertarik buat coba atau tetap setia sama Clubhouse (baik yang asli atau yang tiruannya)? (*)

Related Articles
Tech
Spotify Beli App Siaran Audio Locker Room, Mau Buat Platform Mirip Clubhouse

Tech
Twitter Uji Coba ‘Spaces’, Fitur Ruangan Live Ramai-Ramai Tapi Hanya Audio

Tech
Facebook Lagi Uji Coba Hotline, Aplikasi Mirip Clubhouse dan Instagram Live