Sport

EURO 2020: Belanda Harus Menang agar Aman

Mainmain.id

Posted on June 17th 2021

BELANDA butuh tambahan poin penuh guna memastikan satu kakinya lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Untuk itu, tim Oranje wajib menang saat melawan Austria di matchday kedua grup C di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Jumat dini hari (18/6), kickoff pukul 02.00. Tim asuhan Frank de Boer itu memiliki rekor sangat bagus saat berhadapan dengan skuad berjuluk Das Team tersebut.

Belanda hampir terpeleset saat menghadapi Ukraina pada matchday pertama lalu. Mereka sudah unggul 2-0 pada awal babak kedua lewat kontribusi Georginio Wijnaldum dan Wout Weghorst. Lalu, berbalas dua gol Ukraina yang lahir dalam kurun waktu lima menit melalui Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk. Beruntung, ada Denzel Dumfries yang menyelamatkan Belanda melalui golnya pada lima menit sebelum bubaran.

"Kami tahu betapa pentingnya memulai dengan kemenangan melawan Ukraina. Jadi, kami sangat senang kami berhasil melakukannya. Tapi, di sisi lain, kami memang kebobolan dua gol. Sebagai bek, saya melihat itu sebagai noda dalam kinerja," ucap bek Belanda Stefan de Vrij dalam laman resmi UEFA.

Berkaca pada hasil di pertandingan pertama, Belanda pun ingin tampil lebih sempurna dalam game kontra Ukraina. Namun, Frank de Boer mengingatkan bahwa Austria bukan lawan mudah untuk dikalahkan. Tim itu memiliki nama-nama top seperti David Alaba atau striker Marko Arnautovic. "Banyak dari mereka yang bermain di Jerman. Mereka memiliki kesatuan, dan sangat sulit untuk dikalahkan," kata eks pelatih Inter Milan itu.

Selain karena materi pemain, Belanda lebih diunggulkan lantaran menang head-to-head atas Austria. Mereka belum pernah kalah oleh Austria dalam lima pertandingan beruntun selama dua dekade terakhir. Skuad asuhan Franco Foda itu berniat mengakhiri rekor buruk tersebut. Mereka lebih percaya setelah memenangkan game pertama lawan Makedonia Utara.

"Satu hal yang jelas: kami masih membutuhkan poin untuk lolos ke babak 16 besar. Inilah yang harus terus kami lakukan. Para pemain telah memenangkan pertandingan pembuka dan kami mau membuat sejarah," tegas Foda dalam keterangan resminya.

Sama dengan Belanda, Austria punya peluang untuk lolos ke 16 besar. Namun, mereka harus menumbangkan Memphis Depay dan kawan-kawan terlebih dahulu. Menurut defender Austria Martin Hinteregger, Belanda akan membuat timnya bermain lebih bertahan dan mengandalkan serangan balik.

"Jadi, kami membutuhkan performa tim yang solid untuk bertahan melawan serangan kuat mereka. Kami juga memiliki kualitas untuk menyerang," tegas penggawa tim Eintracht Frankfurt itu. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
EURO 2020: Swiss Sudah Paham Sosok Bale

Sport
Sinyal Menakutkan dari Timnas Jerman, si Raja Turnamen

Sport
EURO 2020: Finlandia hindari Kekalahan Kelima