Sport

EURO 2020: Dinamit Keder Cameo Hazard

Mainmain.id

Posted on June 17th 2021

CHRISTIAN Eriksen sudah sembuh. Tidak ada alasan lagi bagi Denmark untuk tidak bermain normal saat meladeni Belgia di laga kedua grup B Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Kamis malam nanti (17/6), pukul 23.00 WIB.

Itu prediksi di atas kertas. Di lapangan, keadaan bisa berbeda. Trauma akan masalah mengerikan yang pernah dialami sahabat tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Karena itu, secara psikis, banyak yang mengatakan, Denmark sudah out of tournament. Tim Dinamit sudah sangat shock dengan kejadian mengerikan itu. Kalau saja semuanya berjalan normal, Finlandia bukanlah lawan yang sepadan. Denmark punya pengalaman segudang. Denmark juga punya sejumlah pemain ternama. Pemain-pemain ternama tersebut juga merumput di liga-liga elite Eropa.

Untungnya, Eriksen sudah bisa mengontak rekan-rekannya. Ia memberikan semangat kepada mereka untuk tetap bertarung habis-habisan guna menjaga martabat bangsa. Biarlah Denmark tetap bermain sportif. Anggap saja kejadian yang menimpa Eriksen hanya kebetulan.

Pelatih Kasper Hjulmand bahkan sudah buka suara dan mengeluarkan maklumat. Denmark  bangkit pada laga kedua, tidak peduli siapa pun lawannya, termasuk Belgia.

UEFA sempat diterpa kritik karena cenderung bersikap mekanis. Badan sepak bola Eropa itu ''memaksa'' Denmark dan Finlandia menyelesaikan 50 menit pertandingan tersisa. UEFA berkelit bahwa profesionalisme dan mentalitas atlet menjadi taruhan tanpa mengesampingkan empati kepada Eriksen yang nyaris meninggal dunia dalam laga itu.

Karena itu, pasukan Hjulmand harus berjuang ekstra keras untuk mengeklaim satu dari dua tempat teratas di grup B. Orang hampir tidak dapat membayangkan ruang kepala seperti apa yang harus mereka hadapi sebelum mereka menginjakkan kaki di lapangan Stadion Parken lagi. Bahkan, kali ini menghadapi lawan yang punya predikat peringkat pertama dunia.

Yang jadi soal, Belgia juga tidak sepenuhnya terbebas dari trauma Eriksen. Ingat, striker utama Belgia Romelu Lukaku adalah rekan setim di Inter Milan. Lukaku bahkan memberikan dua golnya ke gawang Rusia Senin lalu untuk Eriksen. Belgia memang menggilas tuan rumah Rusia di Gazprom Arena dengan skor mencolok 3-0. Dua pemain Belgia lainnya, Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen, memiliki hubungan dekat dengan Eriksen tatkala membela Tottenham Hotspur.

Pelatih Belgia yang berjuluk Setan Merah Roberto Martinez kini memimpin 10 pertandingan tak terkalahkan. Kemenangan atas Rusia tercatat sebagai kemenangan ketujuh di Euro bersama Belgia. Kemenangan atas Belgia akan membuat Martinez sejajar dengan prestasi mantan pelatih Belgia Guy Thys pada 1980–1990 dengan delapan kemenangan beruntun.

Belgia meraih kemenangan berturut-turut atas Denmark tahun lalu di Nations League. Denmark terakhir menang 3-2 atas Belgia pada Euro 1984. Partai itu lumayan dramatis. Sebab, Denmark sempat tertinggal 0-2 sebelum membalikkan keadaan.

Kecuali Eriksen, di atas kertas, semua penggawa Denmark siap meladeni Belgia. Kesiapan itu setidaknya menjadi garansi bahwa Belgia tidak akan menang dengan mudah. Bahkan, bukan tidak mungkin, Setan Merah kewalahan menghadapi yang ingin menghormati Eriksen dan kehormatan negara.

Tempat yang ditinggalkan playmaker 29 tahun itu di lini tengah sangat mungkin diserahkan kepada Mathias Jensen dari Brentford. Namun, Hjulmand punya opsi lain. Andreas Cornelius dan Kasper Dolberg juga layak berada di posisi itu.

Di kubu Setan Merah, Kevin de Bruyne sudah pulih dari cedera patah tulang wajah dan bisa kembali ke skuad. Sayang, aksi Timothy Castagne di Euro tampaknya sudah diakhiri benturan kepala dengan Daler Kuzyaev. Alhasil, Castagne harus masuk ruang perawatan cukup lama.

Bek veteran Vertonghen mengalami cedera pada pergelangan kaki, tetapi Martinez telah mengonfirmasi bahwa Axel Witsel sudah terbebas dari cedera achilles.

Eden Hazard menikmati cameo 20 menit dari bangku cadangan melawan Rusia. Mungkin ia masuk line-up utama. Namun, Martinez masih pikir-pikir sebelum yakin betul melepas Hazard di sayap kiri depan yang menjadi habitatnya. Denmark sudah menghitung kehadiran Hazard di starting line-up. Selebihnya, Jason Denayer kembali harus duduk manis di bangku cadangan sambil menonton ''kompetitornya'', Dedryck Boyata, menari di lapangan. (Max Wangge/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

 

===

Kevin de Bruyne Naik Pentas

===

*Hanya Christian Eriksen yang absen. Selebihnya, Dinamit  siap meledak.

*Federasi Bola Denmark harus teliti memeriksa kesehatan pemain setelah kejadian menyedihkan Eriksen akhir pekann lalu.

*Sepak bola adalah hal yang paling tidak penting bagi Denmark saat ini.

*Jan Vertonghen cedera pergelangan kaki saat melawan Rusia. Thomas Vermaelen bisa jadi pengganti.

*Timothy Castagne keluar dari Euro 2020 karena patah tulang ganda di rongga mata melawan Rusia.

*Thomas Meunier menyusup dari bangku cadangan untuk menggantikan Castagne dan akhirnya mencetak gol.

*Kevin de Bruyne is back. Namun, ia harus rela jadi cameo dulu kali ini.

*Eden Hazard masih saja terbenam dalam hobi lamanya, yaitu malas berlatih. Kebugarannya tidak kunjung membaik 100 persen. Cameo lagi. Cameo lagi.

*Seperti mimpi, Dedryck Boyata tak menyangka masuk starting line-up.

*Axel Witsel sudah pulih. Ia sudah siap jadi cameo.

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
EURO 2020: Eriksen, Hidup Lebih Penting daripada Bola

Sport
EURO 2020: Juara 1992, Timnas Denmark Kini Mati Gaya

Sport
EURO 2020: Ketemu Rusia, Belgia Kejar Peringkat Pertama