Sport

Sierra Leone Lolos Piala Afrika 2022, Alie Sesay Bahagia

Mainmain.id

Posted on June 17th 2021

ALIE Sesay tengah bungah. Negaranya, Sierra Leone, dipastikan bakal berpartisipasi pada Piala Afrika 2022. Event dua tahunan negara-negara Afrika itut bakal dihelat di Kamerun akhir Januari tahun depan. Kepastian lolosnya Sierra Leone didapat setelah memetik kemenangan 1-0 atas Benin pada pertandingan yang digelar di Guinea Selasa (15/6) waktu setempat.

Kemenangan itu memastikan Sierra Leone mendampingi Nigeria lolos ke Piala Afrika dari grup L. ”Senang sekali. Timnas bisa lolos ke Piala Afrika tahun depan,” ujar Alie yang rela bergadang menyaksikan langsung pertandingan menentukan itu.

Alie sebetulnya mendapat panggilan untuk tampil di laga menentukan tersebut. Namun, panggilan tersebut diterima saat ia sudah di Jakarta. Tepatnya pada hari kedua masa karantina. Ia mengaku sempat bimbang. Apalagi, pelatihnya meminta dengan sangat agar bisa bergabung dengan timnas. Apalagi, saat itu timnas Sierra Leone sedang krisis defender. Alie sendiri selama ini menjadi salah satu bek andalan Sierra Leona.

”Saya ditelepon head coach agar bergabung. Saat itu saya dalam posisi di Indonesia, sedang karantina. Tapi, dengan berat hati, saya tidak bisa bergabung. Saya sudah ada agenda dengan Persebaya untuk sign kontrak,” jelasnya.

Kendati lahir dan besar di Inggris, Alie tercatat masuk skuad timnas Sierra Leona. Ia sudah mencatatkan 9 caps bersama timnas. Namanya selalu menjadi pilihan utama pelatih untuk mengawal lini belakang.

Bagi pemain Benua Hitam, Piala Afrika selalu dinanti. Itu seperti panggung sekaligus jembatan untuk berkarier ke Eropa. Pamornya bahkan tak kalah oleh Piala Eropa. Beberapa bintang Eropa dipastikan akan ambil bagian di turnamen itu. Misalnya, Salah (Mesir), Sadio Mane dan Edouard Mendy (Senegal), Riyad Mahrez (Aljazair), serta sederet pemain-pemain dari Liga Eropa lainnya.

Keberhasilan Sierra Leone ittu membuat Alie makin termotivasi untuk bisa bergabung dengan timnas. Ia bertekad bisa satu panggung dengan para pemain bintang Eropa tersebut. Ia berupaya menunjukkan kemampuan terbaiknya di Persebaya agar tetap dilirik pelatih timnas. ”Saya tidak boleh kehilangan tempat di timnas. Artinya, saya harus kerja keras di sini. Agar pelatih tidak berpaling ke yang lain,” tekadnya. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Selamat Datang, Cak Alie

Sport
Menanti Duet Tembok Timnas Indonesia dan Sierra Leone di Persebaya

Sport
Wawancara Alie Sesay: Aura Suporter Persebaya Mirip di Inggris