Entertainment

Camila Cabello Ungkap Trauma yang Ia Alami dan Proses Pemulihan Kesehatan Mental

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 16th 2021

(Foto: Instagram @camila_cabello)

Camila Cabello memang vokal banget nih menyebarkan pentingnya menjaga kesehatan mental. Baru-baru ini, Camila berbincang-bincang dengan Dr. Nadine Burke Harris, seorang dokter asal California, mengenai trauma masa kecil yang pernah ia rasakan.

Dr. Nadine Burke Harris mendalami topik Adverse Childhood Experiences (ACEs), pengalaman sangat tidak mengenakan yang terjadi pada seseorang sebelum berusia 18 tahun. Pengalaman tersebut bisa sangat berdampak pada seseorang bahkan ketika ia sudah dewasa.

Melalui unggahan Instagram miliknya, Camila menemukan Dr. Harris dari sebuah TED Talk. “Itu benar-benar mengubah pandanganku tentang kesehatan mental dan penyembuhan,” sebelum mengajak para fan untuk mendengarkan perbincangannya tentang ACEs.

Artis kelahiran 24 tahun lalu itu mengungkapkan bahwa ia sempat mengambil tes di NumberStory.org untuk mengetahui tingkat trauma masa kecil dan stres yang muncul karena trauma itu.

Pelantun Havana itu berkata, “Di masa remaja dan awal usia dua puluh, aku merasakan gejala gangguan kecemasan dan berpikir, ‘Oh, ini datangnya dari mana?’” Sayangnya saat itu Camila mengambil langkah yang salah. “Aku benar-benar keras dengan diriku sendiri dan menghajar diriku karena merasakan hal itu,” lanjutnya.

Camila sendiri memang pernah mengalami OCD (Obsessive Compulsive Disorder) dan gangguan kecemasan dan ia sadar salah satu pendorongnya adalah trauma masa kecil. Namun, ia bisa perlahan bangkit dengan dukungan orang-orang terdekat. Pelantun My Oh My ini juga mencari bantuan ke tenaga medis dan terus mengedukasi para penggemarnya untuk aware dengan kesehatan mental.

“Aku jelas gak memilih ini [terus merasa gak baik-baik aja]. Ini artinya entah dengan pengobatan atau terapi atau yoga atau apa pun itu, aku perlu mendapatkan penanganan yang cukup,” ujar pacar dari Shawn Mendes ini.

Menurut Dr. Harris, trauma yang dialami seseorang bukan hanya berpotensi menjadi sebuah gangguan kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan (anxiety disorder), dan dorongan untuk bunuh diri. Trauma juga meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit jantung, diabetes, asma, hingga stroke.

Kalau kalian struggling dengan kesehatan mental, jangan ragu buat konsultasi ke tenaga profesional ya. Tonton percakapan Camila dan Dr. Nadine Burke Harris di bawah ini. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Camila Cabello Ungkap Pandemi Menyelamatkannya dari Burn Out dan Anxiety

Lifestyle
Stres dan Gangguan Kecemasan Itu Mirip Tapi Beda, Cek Nih Penjelasannya!

Entertainment
James Arthur Rilis ‘Medicine’, Lagu Powerful buat Sosok Penyelamat Hidup Kita