Tech

6 Fitur Baru Android yang Ditambahkan Google, Fungsinya Keren Banget

Jingga Irawan

Posted on June 16th 2021

Raksasa teknologi saat ini berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam penyempurnaan fitur di masing-masing produk gadget. Melansir GSM Arena, Rabu (16/6), Google mengumumkan bahwa perusahaan akan menambahkan enam fitur baru untuk Android. Apa aja sih fiturnya?

1. Sistem Peringatan Gempa

Sistem Peringatan Gempa akan diluncurkan secara global. Dengan begini, orang-orang di daerah yang rawan terjadi gempa bisa mendapatkan peringatan sebelum gempa terjadi. Sejauh ini, fitur peringatan gempa telah tersedia di Selandia Baru dan Yunani. Serta meluas ke Turki, Filipina, Kazakhstan, Republik Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Namun, Google berjanji akan meluncurkannya di lebih banyak negara.

"Kami memprioritaskan peluncuran Peringatan Gempa di negara-negara dengan risiko gempa yang lebih tinggi, dan berharap untuk meluncurkannya di lebih banyak negara di tahun mendatang," tulis Google dalam sebuah posting blog.

2. Starred Message

Bagi kalian pengguna Messages App, nggak perlu khawatir lagi pesan penting dari orang terdekat akan tertimbun chat lainnya. Fitur Starred Messages nantinya dapat membantu pengguna menemukan pesan di Messages App dengan cepat.

Cara kerjanya sama seperti Starred Messages yang ada di WhatsApp. Dan untuk mengaktifkannya juga mudah, cukup ketuk dan tahan pesan, lalu pilih bintang. Fitur ini akan mulai diluncurkan secara luas dalam beberapa minggu mendatang.

3. Contextual Emoji Kitchen Suggestions

Contextual Emoji Kitchen kini tersedia dalam Gboard beta. Dan akan tersedia bagi semua pengguna Gboard dalam beberapa minggu ke depan, untuk pesan yang ditulis dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis pada gadget yang menjalankan Android 6.0 atau lebih baru.

Saat kalian membuka Emoji Kitchen setelah mengetik pesan, kalian akan melihat saran kontekstual kombinasi emoji sesuai dengan isi pesan.

4. Google Assistant Shortcuts

Google Assistant sekarang dapat diperintah dengan lebih spesifik di dalam aplikasi, pengguna dapat memberi tahu hal-hal seperti "hei Google bayar tagihan Capital One saya" untuk langsung masuk ke aplikasi dan menyelesaikan tugas itu.

5. Gaze Detection to Voice Access

Voice Access sekarang memiliki deteksi tatapan dalam versi beta, sehingga pengguna dapat mengaktifkan fungsi fitur tersebut hanya ketika pengguna melihat ke layar.

So, meskipun pengguna sedang berbicara dengan teman atau saat melakukan rapat, Voice Access nggak akan aktif. Voice Access memberi pengguna navigasi telepon dan aplikasi yang cepat dan efisien hanya dengan suara.

6. New Android Auto Features

EV Charging, parkir, dan aplikasi navigasi sekarang tersedia untuk digunakan di Android Auto. Fitur pengiriman pesan juga telah ditingkatkan. Sehingga, pengguna dapat membuka aplikasi perpesanan favorit dari launcher screen.

Pengguna juga dapat membaca dan mengirim pesan baru langsung dari WhatsApp dan Messages App secara global. Fitur Android Auto tersedia di smartphone dengan Android 6 atau yang lebih baru, saat terhubung ke mobil yang kompatibel.(*)

Related Articles
Tech
Catat! 5 Fitur Baru Android 11 yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Dirilis

Tech
Makin Canggih, Google Bakal Tambah Fitur Pendeteksi Gempa untuk Android

Tech
Fitur Baru DuckDuckGo Bisa Cegah Aplikasi Lacak Data Penggunan Android