Tech

Bocor di Internet, Ternyata Tampilan OS Windows 11 Mirip Seperti Windows 10X

Jingga Irawan

Posted on June 16th 2021

credit: The Verge

Peluncuran Windows 11 rencananya dijadwalkan 24 Juni mendatang, namun baru-baru ini sudah beredar screenshoot tampilan operating system (OS) tersebut di internet. Dilansir dari The Verge pada Rabu (16/6), sistem operasi Windows 11 Microsoft itu tampaknya telah bocor secara online.

Screenshoot tampilan layar tersebut pertama kali dipublikasikan di Baidu, mesin pencarian milik Tiongkok. Tampilan OS Windows 11 telah muncul secara online, lengkap dengan interface pengguna baru dan menu Start.

Interface pengguna di Windows 11 baru dan menu Start sangat terlihat sangat mirip dengan yang ada di Windows 10X. Microsoft awalnya menyederhanakan Windows untuk perangkat layar ganda, yang disebut sebagai Windows 10X. Namun, kemudian dibatalkan demi Windows 11.

Secara visual, perubahan terbesar yang langsung bisa terlihat pengguna ada di taskbar. Microsoft telah memusatkan ikon aplikasi di sini, perubahan pada tray area, serta menyertakan ikon dan menu Start baru.

Menu Start yang diperbarui ini adalah versi sederhana dari Windows 10, hanya saja tanpa Live Tiles. Termasuk pinned apps, file terbaru, dan kemampuan untuk mematikan atau memulai ulang perangkat Windows 11 dengan cepat.

Jika pengguna tidak ingin ikon aplikasi dan menu Start berada di tengah, ada opsi untuk memindahkan ke sisi kiri seperti generasi Windows sebelumnya. Mode gelap juga telah tersedia. Menurut The Verge, sejauh ini tampilam Windows 11 terlihat seperti versi Windows 10 yang lebih halus.

Microsoft juga menggunakan rounded corner di seluruh Windows 11. Hal ini terlihat di menu konteks, di sekitar aplikasi dan File Explorer. Menu Start itu sendiri juga menggunakan rounded corner. Akan tetapi, ini masih versi awal dari Windows 11 yang bocor, jadi belum semuanya disertakan.

Karena bocoran tampilan ini hanya gambaran versi awal Windows 11, widget tidak sepenuhnya dimuat di OS, tetapi memang dirancang untuk menyediakan akses cepat ke News, Weather, dan konten web lainnya.

Windows 11 juga menyertakan snap controls baru yang dapat diakses dari maximize button di semua aplikasi. Pengguna dapat mengatur window secara berdampingan dengan cepat. Atau mengatur dalam beberapa bagian di desktop, tanpa menarik sudut satu persatu.

Microsoft juga dilaporkan telah mengerjakan apps store baru untuk Windows dalam beberapa bulan terakhir. CEO Microsoft Satya Nadella telah berjanji untuk membuka peluang ekonomi yang lebih besar bagi pengembang dan pencipta dengan Windows. Namun, dalam versi yang bocor ini belum terlihat perubahan secara signifikan.

Microsoft juga meningkatkan pengalaman Xbox di Windows 11. Aplikasi Xbox baru sekarang terintegrasi ke Windows 11, menawarkan akses cepat ke game Xbox Game Pass, bagian sosial jaringan Xbox, dan Xbox Store. Xbox Game Bar dan Windows Game Mode semuanya tetap sama seperti Windows 10 di build awal yang bocor ini.

Microsoft telah memberikan banyak petunjuk bahwa perusahaan akan segera meluncurkan Windows 11. Namun, tiba-tiba kabar kebocoran ini muncul hanya satu minggu sebelum event digelar. Untuk mendapatkan informasi tentang versi Windows 11 sepenuhnya, kita wajib menunggu Microsoft menggelar event khusus pada 24 Juni mendatang. (*)

Related Articles
Tech
Catat! Microsoft Rilis Windows 11 Resmi Sebagai Free Upgrade 5 Oktober Nanti

Tech
Siap "Say Goodbye", Windows 10 Resmi Pensiun pada 2025

Tech
Finally! Microsoft Umumkan Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android