Sport

Harapan Kompetitif Marquez di Sachsenring

Mainmain.id

Posted on June 16th 2021

Harapan baru diusung Marc Marquez di MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring akhir pekan ini. Kondisi fisiknya semakin kuat. Plus layout sirkuit yang lebih bersahabat dibandingkan sirkuit lain.

Soal fisik yang lebih kuat, hal itu sudah dikonfirmasi Marquez di Barcelona dua pekan lalu. Di hari Senin, sehari setelah lomba, ia ikut uji coba. Tidak tanggung-tanggung, ia melahap 87 lap.

Jumlah lap itu jauh di atas total lap saat balapan. Dua kali lipat lebih. Marquez ingin memastikan tulang humerus lengan kanannya yang patah dan harus menjalani tiga kali operasi benar-benar pulih.

Marquez berani menjalani ujian berat itu karena merasa nyaman saat balapan pada hari Minggu. Memang ia terjatuh dalam lomba. Namun, di race itu ia merasakan performa terbaiknya.

”Tujuh lap sebeum saya terjatuh adalah lap terbaik setelah operasi,” kata Marquez kepada Crash. ”Saya bisa membalap layaknya Marquez yang dulu,” lanjutnya.

Saat itu, Marquez bisa agresif dalam mempertahankan posisi. Pun demikian halnya saat menyalip lawan. Ia terjatuh karena kehilangan kendali pada ban depannya sat menikung pada tikungan kesepuluh.

Bekal fisik Marquez yang semakin oke akan ditambah lagi dengan layout Sachsenring yang bersahabat untuk juara dunia delapan kali itu. Sirkuit yang kali pertama digunakan untuk MotoGP pada 1998 itu tikungannya mayoritas ke kiri. Dari total 13 tikungan, hanya tiga yang menikung ke kanan

Banyaknya tikungan ke kiri akan meringankan beban lengan kanan Marquez yang masih dalam proses pemulihan menuju kondisi 100 persen. Artinya, Marquez tidak perlu banyak simpan tenaga seperti di sirkuit lain yang banyak tikungan kekanannya.

Catatan lain yang tidak kalah penting, Sachsenring ternyata begitu membawa berkah untuk Marquez. Ia selalu menang di sana sejak 2009. Ketika ia masih tampil di kelas 125 cc. Sejak saat itu, jika ada balapan kejuaraan dunia di sana, Marquez selalu menang setiap tahunnya.

Tahun lalu, saat Marquez tidak bisa tampil karena cedera, balapan di Sachsenring ditiadakan karena Covid-19. ”Selamatlah” rekor sempurna Marquez.

Bukan catatan sejarah yang akan banyak membantu Marquez meraih hasil hebat akhir pekan ini. Namun, tikungan ke kiri yang melimpah. (Nanang Prianto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Marc Marquez Absen 3 Bulan, Honda Menyerah dari Persaingan Juara Dunia

Sport
Marc Marquez Naik Meja Operasi Lagi Karena Pen Rusak

Sport
Honda Resmi Rekrut Alex Marquez