Sport

Keakraban Pemain Persebaya Bikin Alie Sesay Lebih Pede

Mainmain.id

Posted on June 16th 2021

Persebaya selama ini dikenal memiliki ikatan kekeluargaan yang kental antar pemain. Kondisi tersebut membuat pemain lokal maupun asing menjadi betah dan cepat beradaptasi. Bukti nyata yang terlihat adalah Alie Sesay. Ia kini bertransformasi menjadi pemimpin di lini belakang Bajol Ijo.

Alie Sesay baru tiba di Surabaya, Jumat (12/6) lalu. Namun tidak tampak kecanggungan antara bek timnas Sierra Leone tersebut dengan para pemain lawas Persebaya. Alie bisa membaur dengan mudah layaknya pemain yang sudah bertahun-tahun dengan Bajol Ijo.

Di atas lapangan, Alie juga menunjukkan hal serupa. Tanpa sungkan ia memimpin barisan pertahanan saat sesi latihan mini game. Pemain berusia 24 tahun tersebut langsung pede mengkoordinir pemain yang lebih lama di Persebaya. Seperti Mokhamad Syaifuddin, Alwi Slamat, hingga Frank Sokoy. Alie meminta mereka lebih rapi dalam bertahan. Tak jarang, Alie meneriakkan instruksi pada para partnernya. Semua itu dilakukan sambil dirinya membaca permainan lawan dan menjauhkan bola dari gawang.

Aji Santoso mengapresiasi hal itu. Menurut Aji, hal semacam itu meamng sudah sewajibnya ditunjukkan seseorang yang berstatus pemain asing. "Seperti yang saya bilang pada Alie sebelumnya. Ia didatangkan bukan hanya untuk memperkuat skuad. Tapi juga membantu pemain-pemain lokal berkembang,” ujarnya.

Secara khusus Aji memang sempat mengajak Alie bicara di pinggir lapangan. Itu terjadi ketika mantan pemain Leicester City ini hadir pertama kali dalam latihan Persebaya. “Saya bilang pengalamannya bermain di Eropa sangat berguna bagi pemain bertahan Persebaya yang relatif juga masih muda," beber eks pelatih timnas Indonesia tersebut.

Aji menyakini kepercayaan diri Alie lahir karena hubungan antarpemain yang gayeng. Aji selama ini memang coba membangun komunikasi antarpemain dan pelatih, bahkan itu tidak hanya saat latihan.

"Kami berkomunikasi tidak hanya di lapangan. Saya beberapa kali juga ngobrol sama mereka. Saya kasih gambaran bagaimana cara Persebaya bermain, filosofinya seperti apa," terang Aji.

Sejauh ini perkembangan para pemain asing Persebaya, menurut Aji, cukup oke. Namun ia tetap punya misi agar para pemain lebih cepat lagi berdaptasi dengan cara main tim. “Meskipun masih perlu waktu untuk terus ditingkatkan, tetapi secara garis besar mereka tak kesulitan dengan cara bermain Persebaya," tandasnya.(Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Alie Sesay, Mantan Bek Leicester City Merapat ke Persebaya

Sport
Belum Full Team, Persebaya Batal Gelar Latihan Taktikal

Sport
Alie Sesay Datang, Jose Wilkson Langsung ke Kandang