Tech

Ogah Di-Tag Sembarangan? Tenang, Twitter Lagi Bikin Fitur Unmention Yourself

Pas buat kamu yang suka bikin kontroversi dan diserang warganet.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 15th 2021

(Gambar: Twitter)

Twitter sedang mengembangkan fitur bernama Unmention Yourself. Sesuai namanya, fitur ini mencegah akun tertentu buat nge-tag kita di suatu twit.  Biar bisa menghindari “perhatian yang gak diinginkan” gitu deh.

Fitur ini diperkenalkan oleh desainer produk Twitter, Dominic Camozzi. Fitur yang belum diluncurkan dan masih dalam konsep awal ini bakal memungkinan pengguna membatalkan tag yang seseorang lakukan ke kita dan mengontrol siapa yang bisa menandai kita ke depannya.

Misalnya nih ada akun yang gak kita follow, nge-tag kita. Bakal muncul notifikasi di notification tab seperti biasa, lalu ada tambahan pilihan untuk Unmention Yourself. Kalau kita klik, akun kita gak bisa diklik dari twit tersebut dan nggak akan terhubung dengan twit itu.

Biasanya kan nama pengguna kita tetap muncul tuh pas ada orang berkomentar di twit tersebut. Nah, dengan fitur ini kita bisa menghindarinya.

(Gambar: Twitter @_dcrc_)

Dengan memilih Unmention Yourself di satu twit, si penulis twit gak akan bisa lagi menandai kita ke depannya. Kalau kamu mau gak di-tag semua orang juga bisa. Fitur ini juga kasih kita pilihan Pause Mentions selama satu, tiga, dan tujuh hari. Siapa tahu kamu bikin konten viral terus dihujat habis-habisan terus pengin tenang selama beberapa saat.

(Gambar: Twitter @_dcrc_)

Oh iya, kita juga bisa mengatur siapa yang bisa mention kita. Kalau kamu aman dari perang twit, bisa pilih everyone. Ada juga pilihan people you follow atau kalau mau lebih spesifik lagi sih bisa pilih sendiri akun yang gak bisa mention.

Selain itu, kamu juga akan menerima notifikasi imbauan ketika banyak orang nge-mention kita. Twitter bakal kasih shortcut pengaturan siapa yang bisa menandai kita. Bisa juga dengan menjeda semua tag. Lumayan membantu buat menghindar dari serangan warga Twitter yang kadang toxic banget.

(Gambar: Twitter @_dcrc_)

Di luar itu, Twitter terpantau sedang mengembangkan fitur Newsletter setelah mengakuisisi Revue. Kreator konten bisa membuat koran sendiri dan penggemar bisa berlangganan secara gratis atau berbayar. Media sosial satu ini juga sedang menguji coba bentuk reaksi lain selain likes.

Belum jelas apakah fitur ini akan dirilis resmi ke depannya. Nah, gimana nih menurutmu tentang fitur Unmention Yourself ini? (*)

Related Articles
Tech
Twitter Uji Coba Fitur Tip Jar, Pengguna Bisa Langsung Kasih Donasi buat Kreator

Tech
Twitter Resmi Rilis Fitur Tip Jar, Kita Bisa Kasih Tip buat Pengguna Favorit

Tech
Twitter Cari Cara biar Cuan Lebih Banyak, dari Tip Konten Sampai Fitur Unsend