Interest

Sepele Sih, Tapi 7 Hal Ini Bisa Bikin Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Dwiwa

Posted on June 14th 2021

 

Sistem imun merupakan pertahanan pertama tubuh dari serangan berbagai penyakit. Ketika ada kuman atau partikel asing yang masuk ke dalam tubuh, sistem imun ini akan bekerja untuk mengenali dan menyingkirkannya dari dalam tubuh.

Tetapi sayangnya, sistem kekebalan ini tidak selamanya berada dalam kondisi prima. Ada banyak faktor yang bisa membuat sistem kekebalan ini menurun. Beberapa di antaranya bahkan mungkin disebabkan oleh hal sepele yang tidak kita sadari.

Tapi, hal sepele seperti apa saja sih yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh? Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut tujuh hal sepele yang bisa membuat sistem imun jadi tidak bekerja maksimal.

 

1. Kesepian

Jangan meremehkan kesepian. Pasalnya, kesepian bisa menyebabkan stres kronis yang berdampak pada menurunnya sistem imun. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Antioxidants and Redox Signaling, merasa kesepian memengaruhi tubuh pada tingkat genetik yang menyebabkan peningkatan gen pro-inflamasi dan penurunan gen yang menghasilkan antibodi dan kekebalan.

Para ilmuwan mengatakan peradangan jangka panjang yang dihasilkan dapat mewakili mekanisme kunci dalam pengembangan penyakit kronis terkait kesepian seperti aterosklerosis, kanker, dan neurodegenerasi.

Jadi, jangan sampai kalian merasa terlalu kesepian. Pertahankan hubungan sosial dan usahakan selalu berada di sekitar orang lain. Menurut penelitian yang diterbitkan di Psychological Science, memeluk seseorang bisa menurunkan stres dan memberi dukungan kekebalan.

 

2. Tidak cukup tidur

Saat tidur, tubuh melakukan beberapa proses untuk memperbaiki dan mengisi ulang tubuh. Salah satunya adalah dengan memastikan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Selama tidur, tubuh memproduksi protein inflamasi yang disebut sitokin, serta mengisi kembali sel dan antibodi yang melawan penyakit.

Jika kurang tidur, itu bisa menjadi penyebab kalian mudah terserang flu dan pilek. Karena itu, para ahli merekomendasikan orang dewasa untuk tidur berkualitas selama 7-8 jam.

 

3. Stres terus menerus

Stres kronis melemahkan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Ketika stres, otak meningkatkan produksi hormon stres kortisol, yang merusak sel T, komponen dalam darah yang melawan infeksi. Menurut American Society, orang yang mengalami stres kronis lebih rentan dengan flu atau infeksi virus seperti flu.

 

4. Kurang gerak

Menurut sebuah penelitian di American Journal of Preventive Medicine, kurang gerak dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Jadi, usahakan selalu meluangkan waktu untuk berolahraga ringan.

Jika kalian bekerja atau belajar terlalu lama, bangun dan bergerak sebanyak mungkin. Ambil istirahat dari duduk setiap 30 menit dan lakukan olahraga teratur. American Heart Association merekomendasikan 150 menit aktivitas fisik sedang (seperti jalan cepat) atau 75 menit aktivitas fisik berat setiap minggu.

Sebaliknya, berolahraga terlalu banyak tanpa memberi tubuh waktu untuk beristirahat juga berdampak buruk bagi sistem kekebalan. Selain itu, ini juga kontraproduktif dengan tujuan kebugaran.

 

5. Terlalu banyak gula

Gula menyebabkan peradangan, yang menurunkan kekebalan dengan melemahkan sel darah putih yang bertugas melawan infeksi. American Heart Association merekomendasikan agar pria makan gula tambahan tidak lebih dari 9 sendok teh (36 gram) dalam sehari. Sedangkan wanita tidak lebih dari 6 sendok teh 924 gram).

Karena itu, kalian perlu mengurangi gula tambahan seperti minuman manis, sereal olahan, kue kering, dan kue. Sebagai gantinya, makanlah berbagai makanan utuh seperti buah dan sayur yang lebih sehat.

 

6. Kurang cairan

Seiring bertambahnya usia, kita lebih mudah mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) dan ini bisa membebani sistem kekebalan tubuh. Dehidrasi membatasi sekresi protein antimikroba ke dalam air liur yang menangkal infeksi.

Itu bukan satu-satunya cara dehidrasi dapat membuat kalian sakit. Pasalnya, air membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel, membuang bakteri dari kandung kemih dan menormalkan tekanan darah lain, di antara beberapa fungsi lainnya.

 

7. Tidak mendisinfeksi ponsel

Ponsel kalian terlihat bersih? Jangan terlalu percaya diri. Faktanya, ponsel kalian mungkin mengandung bakteri 10 kali lebih banyak dari dudukan toilet. Charles Gerba,ahli mikrobiologi di Universitas Arizona telah menguji ponsel yang mengandung 100 ribu bakteri.

“Virus sekarang lebih mobile daripada sebelumnya, karena kalian punya ponsel,” kata Gerba. Karena itu, disinfeksi rutin ponsel kalian dengan larutan 60 persen air dan 40 persen alkohol. Gunakan kain mikrofiber atau kapas untuk mengoleskan. Jangan menyemprotkan apa pun langsung ke ponsel karena mungkin itu bisa merusak. (*)

Related Articles
Lifestyle
Sering Merasa Lapar? Mungkin Hal Ini Sedang Terjadi Pada Tubuhmu

Lifestyle
Susah Turun Berat Badan? Kebiasaan Buruk Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Current Issues
Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bantu Perkuat Kekebalan Tubuh Loh!