Current Issues

Sudah Vaksinasi Covid-19, Pelancong Tak Perlu Karantina di Korsel

Dwiwa

Posted on June 14th 2021

Pelancong yang sudah mendapat vaksin Covid-19 di negaranya, bisa mengunjungi Korea Selatan tanpa harus menjalani karantina selama dua minggu. Kebijakan tersebut dimulai 1 Juli mendatang. Pada 5 Mei, pengecualian karantina hanya berlaku untuk orang yang divaksinasi penuh di Korea Selatan.

Meski begitu, tidak semua pelancong akan mendapatkan pengecualian ini. Dilansir dari Reuters, Son Young-rae, pejabat Central Disaster Management Headquarters mengatakan jika kebijakan baru ini hanya akan berlaku untuk orang tertentu.

Golongan yang mendapat keistimewaan tersebut adalah warga negara dan warga asing yang tinggal di Korsel, serta mereka yang datang mengunjungi keluarga, atau untuk tujuan bisnis, akademisi, atau kepentingan umum.

Para pelancong yang dikecualikan ini juga harus mengisi aplikasi dan masih perlu diuji sebelum dan sesudah tiba di Korea Selatan. Namun, bagi para pelancong yang berasal dari negara yang belum bisa mengendalikan kasus atau memiliki varian baru tidak diizinkan melewati karantina.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengatakan Korea Selatan telah melaporkan 452 kasus baru pada Sabtu tengah malam, sehingga total infeksi menjadi 147.874. Sedangkan korban meninggal mencapai 1.985.

Lebih dari 11,8 juta orang atau sekitar 23 persen dari populasi negara itu telah menerima setidaknya satu dosis vaksin. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Warga Korea Selatan yang Sudah Divaksin Covid-19 Boleh Keluar Tanpa Masker

Current Issues
Vaksinasi Covid Tahap Satu Sudah Dimulai, Ini Golongan yang Tak Boleh Divaksin

Current Issues
Bagaimana Perkembangan Kekebalan Kelompok di Indonesia?