Sport

Rekor Mario Suryo Aji di Kejuaraan Dunia

Mainmain.id

Posted on June 14th 2021

Mario Suryo Aji adalah bakat terhebat Indonesia di ajang kejuaraan dunia balap motor. Tidak diragukan lagi. Ialah satu-satunya rider Indonesia yang bisa bertarung dalam persaingan perebutan kemenangan di seri world champion.

Pada race pertama FIM CEV Moto3 World Junior Championship kemarin (13/6), pembalap Astra Honda Racing Team itu nyaris menang. Ia memimpin lomba sampai lap ke-16 yang merupakan lap terakhir. Sayang, pada tikungan kesepuluh, ia bersenggolan dengan Daniel Munoz. Saat itu kemenangan sudah di depan mata Mario.

Sama-sama melebar, Mario dan Munoz harus kehilangan beberapa posisi. Mario finis keenam. Sedangkan Munoz finis ketujuh.

Mengecewakan. Tentu saja. Namun, itulah balapan. Kalau Mario terus berpikiran positif, maka insiden dan hasil itu akan membuatnya semakin kuat. Terbentur, terbentur, terbentuk.

Seri Catalunya sendiri sudah memberikan rekor tersendiri untuk pembalap asal Magetan, Jawa Timur itu. Ia merebut pole position pada kualifikasi Sabtu lalu. Mario lah pembalap pertama Indonesia yang merebut pole position di kejuaraan dunia balap motor.

Dalam perlombaan, Mario menunjukkan kematangannya. Meski start tidak terlalu bagus, hingga kehilangan beberapa posisi, ia tidak menyerah. Ia terus menjaga kans juara dengan tetap ada di barisan depan. Hingga akhirnya bisa memimpin lagi perlombaan pada lap ketiga.

Kembali disalip lawan pada lap-lap berikutnya. Namun, Mario tidak pernah menyerah. Ia terus tampil konsisten untuk mengambil alih pimpinan lomba pada lap terakhir.

Sepanjang musim ini, penampilan Mario sangat konsisten. Pada seri perdana di Portugal ia finis keempat. Lalu pada seri kedua di Valencia, ia finis kedelapan dan kelima. Kini. Di Barcelona finis keenam.

Target Mario musim ini adalah naik podium. dengan penampilan di tiga seri awal, itu adalah target yang sangat mungkin untuk dicapai. (Nanang Prianto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
MotoGP Bakal Kembali Bulan Juli, Jadwal Lengkap Direncanakan Keluar Minggu Depan

Sport
Lagi, Alex Marquez Susul Kakaknya Marc Marquez Jadi Juara Dunia

Sport
Belum Tanda Tangan Kontrak, Rossi Yakin 99% Bergabung ke Petronas Yamaha SRT