Tech

Beberapa Hal Sepele yang Perlu Dilakukan Agar Tidak Celaka Karena Ponsel

Dwiwa

Posted on June 13th 2021

Ponsel memang tidak berada dalam kategori berbahaya seperti peralatan listrik atau bahan kimia yang beracun, tetapi bukan berarti kalian tidak bisa terluka saat menggunakannya. Baik secara langsung atau tidak langsung, smartphone juga dapat melukai diri kita.

Kira-kira tindakan apa saja ya yang bisa membuat kita berada dalam ancaman bahaya saat menggunakan ponsel? Berikut beberapa kebiasaan buruk yang perlu kalian hindari agar terhindar dari risiko celaka saan bermain ponsel seperti dilansir dari Popular Science.

 

1. Menulis pesan sambil mengemudi

Kebiasaan pertama yang perlu kalian singkirkan adalah menulis pesan sambil mengemudi. Pasalnya, ini bukan hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga orang-orang yang ada di sekitar kalian. Tetap taruh tangan di kemudi dan mata di jalan saat berkendara serta buka pesan ketika waktunya berhenti.

 

2. Bermain ponsel sambil berjalan

Kebiasaan buruk lain yang sering dilakukan adalah berjalan sambil menggunakan ponsel. Ini bukan lah sesuatu yang perlu dilakukan jika kalian ingin terhindar dari celaka. Ketika berjalan sambil bermain ponsel ada banyak hal buruk yang mungkin bisa terjadi.

Mulai dari menabrak orang lain, menabrak dinding, masuk ke jalur lalu lintas yang ramai hingga merugikan diri sendiri dan orang lain. Jadi ketika berjalan, angkat kepala kalian, lihat ke depan, dan simpan ponsel di saku atau tas.

 

3. Menggunakan pengisi daya kw

Smartphone dan pengisi daya modern dilengkapi dengan banyak fitur keamanan bawaan dan tidak akan merusak baterai, membuat ponsle terlalu panas, atau menimbulkan percikan api seperti yang mungkin ditimbulkan dibanding pengisi daya bukan bawaan.

Tetapi ketika ini rusak, tentu kalian harus menggantinya dengan pengisi daya baru agar baterai ponsel bisa tetap terisi. Meski tidak semua, tetapi pengisi daya yang berbeda ini juga bisa menimbulkan masalah.

Hal ini terutama jika kalian menggunakan pengisi daya dengan harga sangat murah dan tanpa merk alias abal-abal yang dibeli di toko yang tidak memiliki reputasi. Ada kemungkinan pengisi daya tersebut tidak memenuhi standar keamanan yang sama dengan pengisi daya dari Samsung, Apple, dan merek terkenal lain.

Untuk menghindari risiko ini, hal yang bisa dilakukan adalah dengan tetap menggunakan pengisi daya bawaan atau jika memang perlu diganti, belilah pengisi daya resmi yang sudah teruji.

 

4. Jangan gunakan ponsel sebelum tidur

Kualitas tidur memiliki keterkaitan dengan kesehatan fisik dalam banyak cara. Berbagai studi menunjukkan jika menghabiskan waktu di ponsel sebelum tidur dapar merangsang otak secara berlebihan saat seharusnya masuk zona tidur. Ini tentu dapat mengurangi kualitas tidur dan meningkatkan risiko kesehatan.

 

5. Terlalu lama menatap layar

Layar smartphone yang dilihat dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan masalah dengan ketegangan mata dan masalah terkait seperti sakit kepala. Para ahli bahkan menyarankan untuk secara teratur beristirahat dari layar agar mata tetap terlindungi.

Kalian juga bisa bereksperimen mengatur kecerahan layar yang nyaman untuk mata. Terlalu terang atau terlalu gelap dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Selain itu, kalian juga bisa mengatur ukuran teks lebih besar agar mata tidak perlu menyipit untuk melihat pesan.

 

6. Volume terlalu keras

Terakhir adalah kebiasaan menggunakan volume terlalu keras. Mendengarkan musik memang menjadi teman yang menyenangkan saat kita sedang sendiri. Tetapi jika volume terlalu keras, itu cenderung membuat kita tidak waspada dengan apa yang ada di sekitar.

Bisa jadi kita tidak mendengar saat ada bahaya di sekitar. Misalnya saja mobil yang melaju kencang, teriakan peringatan, dering alarm saat ada kebakaran dan banyak lagi suara yang ditenggelamkan oleh apa pun yang sedang didengarkan.

Dengan  menurunkan volume tentu membuat kalian bisa lebih menyadari apa yang ada di lingkungan sekitar. Bonusnya, kalian juga membantu untuk menjaga kesehatan telinga. Pasalnya, volume maksimum yang dapat dicapai ponsel dan sepasang headphone cenderung merusak telinga. (*)

 

Related Articles
Tech
Baterai Habis Tapi Buru-Buru? 4 Cara Ini Bantu Kamu Isi Daya Ponsel Lebih Cepat

Tech
Apakah Filter Cahaya Biru Benar-Benar Membantu Tidur Lebih Baik?

Tech
Ingin Ganti Ponsel di Tahun Baru? Lima Tips Ini Bantu Kamu Agar Tidak Salah Beli