Entertainment

Ternyata, Billie Eilish dan Finneas Bikin ‘Bad Guy’ Gara-Gara Dua Game Ini

Inspirasi bisa dari mana aja~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 13th 2021

(Foto: Getty Images)

Billie Eilish dan Finneas memang kakak beradik yang klop banget di dunia musik. Sederet karya hits Billie lahir dari kerja sama mereka berdua, salah satunya lagu Bad Guy. Lagu supersukses yang sering banget kita dengar di mana-mana itu ternyata terinspirasi dari game yang sempat booming lho.

Bad Guy dirilis pada 2019 lalu dan menjadi bagian dalam album Where We All Fall Asleep, Where Do We Go?. Di lagu yang agak kontroversial karena liriknya yang agak kurang baik secara moral ini, Finneas yang punya banyak porsi membangun nuansanya yang unik.

Dalam proses penulisan lagu, dua musisi ini sering kali terinspirasi dari hal-hal yang gak biasa. Dilansir dari Cheatsheet, untuk lagu Bad ternyata mereka berusaha keras memasukkan berbagai komponen suara untuk menghasilkan vibes yang berbeda.

Di antara sederet komponen suara itu… mereka bahkan melibatkan elemen musik dari permainan Plants vs. Zombies untuk bagian pre-chorus. Yup, game yang pasti kebanyakan dari kalian sudah pernah mainkan. Bertarung dengan zombie dengan kekuatan tanaman.

Selain Plants vs. Zombies, Billie dan Finneas juga terinspirasi dari permainan Wizards of Waverly Placegame adaptasi dari serial komedi yang dulu sempat diperankan oleh Selena Gomez.

Soundtrack serial tersebut berjudul Everything Is Not What It Seems itu punya lirik, “Well, you know everything's gonna be a breeze / That the end will no doubt justify the means / You can fix any problem at the slightest ease / Yes, please.” Bagian itu yang menginspirasi kakak beradik tersebut untuk melodi di bagian pre-chorus.

Walaupun menganggap lagu ini gak terlalu serius di awal, Bad Guy berhasil membuat Billie membawa pulang lima penghargaan Grammy Awards. Ia menjadi artis termuda yang memenangkan lebih dari satu penghargaan yaitu di usia 19 tahun.

Bad Guy juga berhasil merajai sederet tangga lagu, termasuk Billboard 100. Saat menjadi nomor satu di tangga lagu tersebut, Billie bikin Lil Nas X “agak iri” karena lagu Old Town Road miliknya tersisihkan. Nas juga sempat iri dengan pencapaian pelantun Therefore I Am itu di Grammy, tapi akhirnya ia sadar sebenarnya gak punya alasan buat iri.

Di luar itu, Billie telah merilis lagu terbaru Lost Cause pada awal Juni lalu. Ia juga telah merilis My Future, Therefore I Am, dan Your Power untuk albumnya yang akan datang pada 31 Juli, Happier Than Ever. (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Billie Eilish Mengaku Saat Bikin Album Debut, Dia Lagi Merasa ”Sengsara Banget“

Entertainment
Lagu ’Everything I Wanted‘ Billie Eilish Ternyata Berasal dari Mimpi Mengerikan

Entertainment
Finneas Jadi Penulis Lagu Nomor Satu di Spotify, Kalahkan Billie Eilish