Sport

EURO 2020: Tancap Gas, Oranje!

Mainmain.id

Posted on June 13th 2021

ABSENNYA Virgil van Dijk dan Donny van de Beek diharapkan tidak memberikan dampak besar ke skuad Belanda. Pelatih Frank de Boer sudah mengantongi nama-nama terbaik untuk berkiprah di Euro 2020. Bergabung di grup C, tim Oranje –julukan timnas Belanda– akan memulai kiprahnya melawan Ukraina di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (14/6), kickoff pukul 02.00 WIB.

Van Dijk tidak dicantumkan dalam skuad Belanda karena baru sembuh dari cedera anterior cruciate ligament (ACL). Masalah itu membuatnya absen membela Liverpool di hampir sepanjang musim 2020/2021. Sedangkan Van de Beek sebenarnya sudah dipersiapkan untuk Euro 2020. Akan tetapi, penggawa Manchester United itu didera cedera seminggu sebelum turnamen tersebut dimulai.

Beruntung, De Boer masih memiliki stok pemain untuk menggantikan kedua nama itu. Di sektor yang ditinggalkan Van Dijk, misalnya. Masih ada penggawa Manchester City Nathan Ake dan bek Inter Milan Stefan de Vrij. Pun demikian dengan pengganti Van de Beek. Masih ada Georginio Wijnaldum yang baru saja diumumkan sebagai pemain baru Paris Saint-German serta pemain Atalanda Marten de Roon.

"Perasaan kami sangat bagus dan kami memiliki banyak kepercayaan diri. Kami tidak sabar menunggu game pembuka. Kami sudah siap," tegas Frenkie de Jong, anggota skuad Belanda asal klub Barcelona, dalam laman resmi UEFA.

Belanda dan Ukraina memang jarang bertemu di turnamen resmi. Kedua negara hanya dua kali berjumpa dalam uji tanding. Hasilnya, Belanda meraih satu kemenangan dan satu laga lainnya berakhir dengan skor imbang. "Kami telah menonton video pertandingan Ukraina. Saya pikir mereka adalah tim yang bagus dengan banyak pemain berkualitas. Mereka terorganisasi dengan baik dan memainkan sepak bola yang bagus. Mereka adalah lawan yang tangguh," ujar De Jong.

Pelatih Ukraina Andriy Shevchenko mengakui bahwa pertandingan Belanda tak akan mudah. Apalagi, timnya akan bermain di kandang lawan. Mantan penyerang AC Milan itu mengaku sudah meracik strategi untuk mengamankan poin di Amsterdam. "Kami memahami bahwa kami harus bermain melawan tim yang sangat kuat dan bahwa Belanda adalah favorit di grup," ucap Sheva, sapaannya.

"Akan tetapi, kami memiliki gaya tertentu yang kami mainkan dan kami tidak akan mengubahnya. Kami memiliki prinsip kami sendiri yang kami patuhi. Jadi, kami mungkin memiliki kesempatan untuk bermain dengan pola 4-3-3 atau misalnya 3-5-2. Namun, prinsip kami sendiri tidak akan berubah," tegasnya. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
EURO 2020: Ukraina-Makedonia Utara Pantang Terpeleset Lagi

Sport
Cedera Lutut Bisa Anulir Karim Benzema dari EURO 2020

Sport
EURO 2020: Lingard Gelar Pesta Bir, Vardy Pilih Berenang Bersama Istri