Sport

Timnas Indonesia Tiba Hari Ini, PSSI Minta Evaluasi Shin Tae-yong

Mainmain.id

Posted on June 13th 2021

TIMNAS Indonesia baru saja menyelesaikan perjuangannya di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia grup G Jumat (11/6). Di laga terakhir, Tim Garuda dibabat habis oleh tuan rumah Uni Emirat Arab dengan skor 0-5. PSSI segera mengevaluasi kinerja Shin Tae-yong dan timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 sepulang di dari Dubai, Uni Emirat Arab.

Masuknya Shin Tae-yong sebagai pelatih baru timnas Indonesia ternyata belum mampu membawa perubahan besar di babak kualifikasi kali ini. Indonesia hanya mampu membawa pulang satu poin dari hasil seri saat melawan Thailand. Pada pertandingan kedua, Evan Dimas dkk dipaksa takluk dari tim tetangga Vietnam. Tak tanggung-tanggung, empat gol bersarang ke gawang yang dijaga Nadeo Argawinata.

Nasib sial berlanjut saat memainkan laga pemungkas melawan Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Zabeel, Dubai (11/6). Timnas terbantai lima gol tanpa balas. Meski membuat gebrakan dengan perombakan pemain muda, Shin Tae-yong justru mengulangi rekor buruk McMenemy di laga pemungkas.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengindikasikan akan melakukan evaluasi performa timnas selama di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut menanti Shin Tae-yong (STY) pulang ke Indonesia. "Tentu kami ingin mendengar laporan dari pelatih Shin Tae-yong terkait timnas selama di UEA," kata Iriawan.

Ia berharap STY sudah punya paparan tentang apa saja yang harus dibenahi. ”Apa yang kurang dan adakah kendala di tim. Kami juga ingin melihat road map coach Shin Tae-yong untuk timnas selanjutnya," imbuhnya.

Selain itu, Iriawan menegaskan bahwa raihan timnas pada kualifikasi Piala Dunia kali ini hanya sebagai proses perkembangan. Ia mengaku optimistis dengan kekuatan pemain muda yang dibawa Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas kali ini.

Sementara itu, rombongan timnas baru saja terbang dari UEA Sabtu siang (12/6). Jika sesuai jadwal, mereka akan tiba di Indonesia hari ini, Minggu (13/6). Setelah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, seluruh pemain dan ofisial akan menjalani karantina mandiri selama lima hari di sebuah hotel di Jakarta terlebih dahulu. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Zahra Muzdalifah, Striker Timnas Yang Membuktikan Cewek Juga Bisa Main Bola

Sport
#SimonOut Trending, Menurut Kalian Pantas Gak Simon McMenemy Latih Timnas?

Sport
Insan Sepak Bola Indonesia Dukung Perjuangan Tenaga Medis Melawan Coronavirus