Sport

Menanti Duet Tembok Timnas Indonesia dan Sierra Leone di Persebaya

Mainmain.id

Posted on June 13th 2021

MEMILIKI barisan bek kaliber timnas tak membuat Persebaya puas. Aji Santoso justru memperkuat pertahanan dengan mendatangkan pemain asing ketiga, yakni Alie Sesay. Pemain yang berposisi bek tengah tersebut resmi menandatangani kontrak bersama Bajol Ijo untuk mengarungi Liga 1 musim 2021/2022.

Persebaya sebenarnya sudah memiliki barisan pertahanan yang cukup mentereng. Ada nama Mokhamad Syaifuddin, Arif Satria, Rizky Ridho, dan Rachmat Irianto. Tiga nama terakhir bahkan berstatus pemain timnas. Status tersebut tentu memperlihatkan kualitas mereka sebagai bek terbaik nasional.

Namun, rupanya Aji Santoso belum puas. Justru ia ingin memperkuat tembok pertahanannya dengan mendatangkan pemain asing. Pilihannya jatuh kepada Alie Sesay yang juga berstatus bek timnas Sierra Leone.

"Seperti yang saya bilang, kami masih butuh pemain asing di sektor bek. Sebab, musim akan sangat panjang. Akan banyak yang kami hadapi. Seperti akumulasi, kelelahan, atau malah pangilan timnas. Jadi, mendatangkan Alie Sesay sudah sesuai dengan rencana awal," beber Aji.

Aji memilih Alie bukan sekadar karena statusnya sebagai mantan pemain klub juara Liga Inggris, Leicester City. Juga, bukan sekadar pemain timnas Siera Leone. "Pengalaman dan skill-nya perpaduan yang sangat bagus. Bagus untuk permainan, juga bagus untuk transfer ilmu ke pemain kami," imbuhnya.

Jika menilik dari karier Alie, pemain timnas Sierra Leone tersebut memang punya catatan yang cukup mentereng. Ia enam musim bersama Leicester City. Alie juga tercatat pernah melanglang buana ke negara Eropa lainnya. Mulai Yunani, Bulgaria, hingga Azerbaijan. Bersama Sierra Leone, pemain berusia 27 tahun tersebut telah mencatatkan delapan kali penampilan.

Lalu, apa yang membuat pemain berpengalaman seperti Alie mau bermain di Indonesia? "Saya dengar banyak soal sepak bola Indonesia. Terutama tentang fanatisme suporter. Sebagai pemain, membela klub dengan suporter sefantastis ini adalah sebuah pengalaman terbaik. Jadi, saya memang senang berada di sini," ungkap Alie.

Bek kelahiran London, Inggris, tersebut merasakan atmosfer fanatisme Bonek sejak masih diisukan akan berlabuh ke Persebaya. Alie mengaku menerima ribuan pesan langsung di akun Instagram-nya. Mayoritas isi pesan tersebut adalah dukungan untuknya agar bermain di klub kebanggaan arek-arek Suroboyo.

Dukungan tersebut juga membuatnya tidak sabar untuk langsung bergabung dengan tim. Belum genap 24 jam berada di Surabaya, Alie langsung menjalani latihan perdana bersama penggawa Bajol Ijo kemarin (12/6). Alie mengikuti hampir seluruh rangkaian menu latihan yang diberikan Aji Santoso. Ia hanya absen di latihan ball possession terakhir. Bukan karena fisiknya tidak kuat, tetapi karena Aji ingin berbincang lebih dengan pemain berjuluk The Beast itu. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
PR Aji Segera Kembalikan Kebugaran Pemain Asing

Sport
Keakraban Pemain Persebaya Bikin Alie Sesay Lebih Pede

Sport
Selamat Datang, Cak Alie