Sport

EURO 2020: Pembuktian Lord Braithwaite di Timnas Denmark

Mainmain.id

Posted on June 12th 2021

MARTIN Braithwaite bahkan menjadi bahan lelucon oleh fans FC Barcelona, klub yang menaunginya saat ini. Lord Braithwaite, begitu ia akrab disapa. Bersanding dengan "Lord" lainnya yang sama-sama dari Denmark: Nicklas Bendtner. Kini penyerang 30 tahun itu akan menjadi salah satu tumpuan lini depan Denmark di Euro 2020.

Ajaib. Itulah kata yang pas untuk menggambarkan karier Braithwaite di sepak bola. Ia adalah pesepak bola yang tak pernah diperhitungkan akan menjadi pemain Barcelona. Bukan bermaksud underestimate, tapi kompetensinya memang belum layak untuk bersanding dengan Lionel Messi, si alien sepak bola itu. Gapnya terlalu jauh.

Akan tetapi, sepak bola memang selalu melahirkan hal-hal yang di luar nalar. Termasuk ketika Barcelona membeli Braithwaite dari Leganes pada Januari tahun lalu. Harganya 18 juta euro. Ia dikontrak empat setengah tahun. Yang menggemparkan, nilai release clause mencapai 300 juta euro. Transfer nyeleneh itu membuat Barca jadi bahan perundungan. Bahkan oleh pendukungnya sendiri.

Braithwaite cuma mencetak 9 gol dari 53 pertandingan. Ia membawa Barcelona juara Copa del Rey musim 2020/2021. Meski kariernya di Camp Nou tergolong biasa-biasa saja, Braithwaite tetap dibawa ke Euro 2021 oleh pelatih Kasper Hjulmand. Maklum, dari tujuh penyerang yang diboyong ke Euro, Braithwaite merupakan striker paling produktif di level tim nasional. Ia mencetak 9 gol dari 50 laga untuk tim Dinamit, julukan Denmark.

”Saya benar-benar tidak peduli apakah orang-orang menyukai saya atau tidak. Anda mungkin berpikir saya idiot atau orang baik. Tidak masalah bagi saya. Yang penting adalah saya tahu apa yang saya perjuangkan dan orang-orang yang dekat dengan saya tahu hal yang sama," katanya dalam sebuah wawancara dengan majalah asal Denmark Euroman. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
EURO 2020: Flatshare, Kiat Jerman setelah Dipandang Sebelah Mata

Sport
Sinyal Menakutkan dari Timnas Jerman, si Raja Turnamen

Sport
EURO 2020: Inggris masih Terngiang Serpihan Dendam di Rusia