Tech

Twitter Bakal Rilis Fitur Newsletter, Langganan Koran dari Kreator Favorit

Koran versi digital~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 11th 2021


(Gambar: Twitter)

Twitter akhirnya mengungkapkan salah satu rencana cara cuan mereka setelah muncul sederet dugaan. Yup, Twitter memang telah membeli start-up surat kabar Revue pada Januari lalu, jadi nggak heran menjual surat kabar alias koran menjadi sumber pemasukan baru mereka.

Dilansir dari akun Twitter resmi Revue, bakal ada bagian khusus newsletter di profil pengguna yang menyiapkan layanan tersebut. Di antara profil dan twit, bakal ada bagian bertuliskan Newsletter dan penjelasan singkat mengenai surat kabar tersebut.

Nah, kita bisa langganan surat kabar tersebut dengan klik subscribe. Akan muncul pilihan buat membaca edisi sampel, biar kita bisa tahu kira-kira topiknya pas atau nggak buat kita. Bisa juga untuk memilih untuk langsung berlangganan.

Kalau sudah berlangganan, surat kabar bakal dikirim via ­e-mail yang tertaut di akun Twitter kita. Semua surat kabar bakal dikirim ke e-mail, baik itu langganan berbayar atau gratis. Kalau berbayar, segala penawaran akan dikirim melalui ­e-mail juga, jadi gak ada transaksi langsung dalam Twitter.

Buat para kreator, pemasukan dari langganan berbayar nggak akan dipotong untuk saat ini. Semua bakal masuk ke kreator, tapi ke depannya Twitter akan mengambil bagian sebanyak 5 persen. Buat kalian para kreator konten yang suka kasih info-info menarik, fitur Newsletter ini bisa jadi platform tambahan yang pas banget.

Dilansir dari Mashable, belum ada tanggal jelas kapan fitur satu ini bakal tersedia untuk semua pengguna. Yang jelas pengguna Twitter di Android dan web bakal dapat duluan, setelah itu baru pengguna iOS.

Di luar itu, Twitter sedang menguji coba reaksi twit lain selain likes. Ada emoji tertawa, sedih, dan lain-lain—mirip seperti Facebook. Twitter juga punya cari cuan lainnya yaitu Tip Jar, satu tempat untuk meletakkan tautan platform pembayaran. Nah, gimana nih menurut kalian fitur baru Twitter ini? Tertarik buat coba? (*)

Related Articles
Tech
Pendapatan Menurun, Twitter Rencanakan Layanan Berbayar

Tech
Fitur Baru, Twitter Bakal ‘Birdwatch’ Tweet Untuk Lawan Hoax di Dunia Maya

Tech
Twitter Update Tampilan Gambar, Sekarang Ditampilkan Full Tanpa Crop