Tech

Huawei Ngebut Ciptakan Mobil Tanpa Pengemudi pada 2025

Jingga Irawan

Posted on June 11th 2021

Sama seperti raksasa teknologi lain, Huawei tak mau lama-lama ketinggalan di industri otomotif. Dilansir Huawei Central, Jum’at (11/6), Huawei memaparkan ambisinya untuk menghasilkan mobil penumpang tanpa pengemudi (kendaraan otonom) hanya dalam waktu empat tahun, alias pada 2025 mendatang.

Saat berpidato dalam 13th China Automotive Blue Book Forum, Wang Jun, Presiden Huawei Smart Car Solutions BU, mengatakan bahwa tim Huawei sedang mengerjakan sistem mengemudi otonom. "Tujuan tim kami adalah untuk mencapai mobil penumpang tanpa pengemudi pada tahun 2025,” kata Wang Jun dalam laporan terpisah yang dirilis Reuters.

Huawei pernah menunjukkan sistem solusi mengemudi otonom pada auto show di Shanghai April lalu. Sebuah model Arcfox yang menggunakan teknologi Huwaei bisa melaju di lalu lintas yang sibuk, tanpa bantuan manusia sebagai sopir. Huwaei mengklaim mobil tersebut bisa melaju hingga 1.000 kilometer.

Namun yang lebih utama adalah fungsi kabin mobil. "Kabin akan jadi ruang pintar yang jika dimanfaatkan, akan membuka beragam kemungkinan," kata Wang.

Menurut Huawei Central, solusi mobil pintar dan kokpit Huawei ditenagai oleh perangkat lunak HarmonyOS, yang dapat membantu memberikan pengalaman jenis baru bagi konsumen. Wang juga percaya bahwa HarmonyOS akan digunakan di semua solusi mobil pintar masa depan.

Banyak perusahaan rintisan, pembuat mobil, dan perusahaan teknologi besar sedang mempercepat pekerjaan pada sistem kendaraan self-driving dan otonomnya. Hal itu diharapkan membawa perubahan besar pada industri transportasi.

Huawei telah beralih ke bisnis mobil pintar setelah industri smartphone globalnya dihantam oleh sanksi AS. Pemerintahan Trump sebelumnya menyebut perusahaan tersebut sebagai ancaman bagi keamanan nasional AS.(*)

Related Articles
Tech
Capai Kesepakatan, Xiaomi Berhasil Lolos dari Daftar Hitam AS

Tech
Adaptasi dengan Pandemi, Huawei Luncurkan Pendeteksi Suhu di Honor Play 4 Pro

Tech
Huawei Garap Konsol dan Laptop Gaming, Kelasnya di Atas PlayStation 5