Tech

WhatsApp Punya Beberapa Fitur Baru, Ada yang Bisa Buat Kirim Pesan Rahasia

Jingga Irawan

Posted on June 11th 2021

Getty Images

Layanan pesan milik Facebook, WhatsApp, saat ini sedang mengembangkan fitur baru yang disebut Flash Calls. Layanan ini masih tersedia dalam versi beta WhatsApp for Android 2.21.11.7. Dilansir dari Independent, Jumat (11/6), fungsi fitur ini membuat para pengguna WhatsApp lebih mudah untuk Log In ke akun WhatsApp dengan gadget baru.

Sebagaimana diketahui, jika kalian mengganti smartphone dan ingin mengakses WhatsApp, pertama kalian pasti harus mengisi nomor HP. Tujuannya agar aplikasi bisa mengirimkan kode pesan teks enam digit untuk memverifikasi akun. Setelah itu, kalian pasti diminta memasukkan kode tersebut untuk memastikan bahwa nomor yang ditautkan benar milik kalian.

Nah, fungsi fitur baru Flash Calls dan kode verifikasi enam digit yang sering kita temui itu nggak jauh berbeda. Dalam hal ini, WhatsApp akan memberi pilihan pada pengguna apakah ingin memverifikasi dengan kode enam digit atau Flash Calls.

Menurut Wabetainfo, apabila kalian menginginkan verifikasi melalui Flash Calls, WhatsApp akan menelpon nomor smartphone kalian. Ketika panggilan masuk, secara otomatis panggilan akan berakhir dan langsung memverifikasi melalui nomor telepon terakhir di riwayat panggilan. Praktis kan?

Kepala Eksekutif Facebook Mark Zuckerberg dan Kepala WhatsApp Will Cathcart baru-baru ini mengumumkan fitur tersebut dalam sebuah wawancara. Flash Calls itu akan hadir beserta fitur pesan yang hanya dapat dilihat sekali dan akan hilang setelah batas waktu yang ditentukan. Mirip dengan apa yang sudah dipunyai Telegram.

Sayangnya, Flash Calls kemungkinan nggak tersedia pada perangkat Apple, nih. Sebab, Apple nggak mengizinkan API publik apa pun untuk membaca riwayat panggilan perangkat penggunanya. Itu sesuai kebijakan privasi Apple. Dengan demikian, pengguna iPhone dan iPad harus tetap memverifikasi akun dengan metode yang lama.

Fitur-fitur baru ini dirancang untuk membuat WhatsApp lebih kompetitif dengan aplikasi lain, seperti Snapchat dan Telegram. Mengingat, persaingan pasar pengguna semakin sengit setelah adanya pembaruan syarat dan ketentuan untuk WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp mengatakan akan secara perlahan mematikan aplikasi pesannya untuk pengguna yang enggan menerima syarat dan ketentuan yang diperbarui sebelum 15 Mei. Namun perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa langkah tersebut nggak akan diambil.

"Mengingat diskusi baru-baru ini dengan berbagai otoritas dan pakar privasi, kami ingin memperjelas bahwa saat ini kami tidak memiliki rencana untuk membatasi fungsionalitas cara kerja WhatsApp bagi mereka yang belum menerima pembaruan," kata juru bicara WhatsApp.

"Sebaliknya, kami akan terus mengingatkan pengguna dari waktu ke waktu tentang pembaruan serta ketika orang memilih untuk menggunakan fitur opsional yang relevan, seperti berkomunikasi dengan bisnis yang menerima dukungan dari Facebook.”(*)

Related Articles
Tech
WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Mengenskripsi Backup Chat di Cloud

Current Issues
WhatsApp Capai 2 Miliar Pengguna!

Tech
WhatsApp Siapkan Fitur Transkrip, Bisa Ubah Voice Note Jadi Teks