Sport

MotoGP: Rekor Penonton di Red Bull Ring

Mainmain.id

Posted on June 11th 2021

Austria membukukan”rekor” di ajang MotoGP. Bertempat di Red Bull Ring, mereka menjadi negara pertama yang mengizinkan penonton mengisi tribun sirkuit dengan kapasitas maksimal.

Tidak hanya satu lomba, dua malah. Negeri di sisi timur pegunungan Alpen itu mendapatkan dua jatah lomba pada 8 Agustus dan 15 Agustus.

Austria menjadi negara kedua yang mendapatkan dua slot tuan rumah MotoGP musim ini. Mereka menyusul Qatar di Sirkuit Losail. Austria menggantikan Finlandia yang mundur menjadi tuan rumah seri kesepuluh pada 8 Agustus.

Lomba perdana pada 8 Agustus diberi nama MotoGP Styria. Styria adalah kawasan di mana Red Bull Ring berada. Sedangkan lomba pada 15 Agustus diberi titel MotoGP Austria.

”Fans bisa memenuhi tribun Red Bull Ring, baik pada MotoGP Styria maupun MotoGP Austria,” demikian pernyataan resmi Dorna, promotor MotoGP. ”Pemerintah Austria telah mencabut larangan penonton datang ke venue pertandigan olahraga musim panas ini,” lanjut pernyataan tersebut.

Syarat penonton bisa menyaksikan MotoGP Styria dan Austria tidak ribet. Ia harus sudah divaksin Covid-19 atau sudah tes dan hasilnya negatif. Orang yang pernah terinfeksi Covid-19 bahkan diperbolehkan menonton apabila bisa menunjukkan keterangan sudah sepenuhnya sembuh dari pihak berwenang.

Sebenarnya, balapan di Austria bukan yang pertama disaksikan penonton di sirkuit. Sebelumnya, MotoGP Catalunya di Barcelona pekan lalu juga bisa ditonton. Namun, jumlah penonton dibatasi 20 persen dari kapasitas maksimal.

MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada 27 Juni nanti juga hanya bisa disaksikan 20 persen dari kapasitas penonton. Kebijakan jumlah penonton berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan masing-masing negara tuan rumah.

Meski penonton sudah full capacity, namun prosedur bubble masih diterapkan di paddock. Standar protokol kesehatan di paddock, masih sama seperti penonton belum diizinkan masuk dulu.

Bagaimana pemerintah Austria memberikan izin kepada penonton event olahraga untuk datang ke arena pertandingan, layak dicontoh negara-negara lain. Termasuk Indonesia. Bahkan, dengan syarat bisa menonton ke arena bagi yang sudah divaksin, akan mendorong warga untuk menjalani vaksisani.

Ambil contoh, betapa tinggi partisipasi warga Surabaya untuk vaksin. Apabila untuk bisa menonton Persebaya harus sudah vaksin. (Nanang Prianto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Ducati Pertahankan Dream Team, Patenkan Duet Miller-Bagnaia untuk Musim 2022

Sport
Harapan Baru Marc Marquez pada Pengembangan Baru Honda RC213V

Sport
Konsistensi Bagnaia, Kejutan Morbidelli