Sport

EURO 2020: Swiss Sudah Paham Sosok Bale

Mainmain.id

Posted on June 11th 2021

WALES mulai mencari peruntungan di Euro 2020 di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Sabtu malam (12/6), pukul 20.00 WIB. Lawannya adalah Swiss. Swiss bukanlah tim hebat. Tapi, tim itu mirip-mirip Swedia.

Prestasi hebat di berbagai pentas bola dunia memang belum ada. Tapi ingat, Swiss sangat sulit dikalahkan siapa pun. Kolektivitas permainan mereka luar biasa. Lawan-lawannya cenderung frustrasi. Satu-satunya kunci utama untuk mengalahkan Swiss adalah bermain supersabar.

Wales adalah semifinalis Euro 2016. Gareth Bale dkk kalah oleh Portugal yang akhirnya tampil sebagai juara. Wales termasuk tim superalot. Persiapan yang bagus adalah kunci utamanya. Namun, kali ini rasa-rasanya persiapan mereka tidak sebagus pada 2016.

Wales memang masih punya pemain-pemain ternama dalam diri Gareth Bale, Aaron Ramsey, dan Dan James. Namun, kali ini mereka harus berjuang ekstra keras. Swiss bukanlah lawan sembarangan. Menunggu Swiss lengah ibarat menunggu godot. Entah kapan datangnya. Tahu-tahu pertandingan sudah berakhir.

Di atas kertas, posisi kedua tim praktis sama. Keduanya dianggap sulit menembus Italia dan Turki. Tim dari Semenanjung Italia dan Mediterania itu diramalkan lolos dari penyisihan grup.

Dengan demikian, Wales dan Swiss dianggap sebagai tim numpang lewat dari grup A. Prediksi itulah yang membuat kapten Wales Gareth Bale kebakaran jenggot. ''Kami akan menutup jalan buat siapa pun, termasuk Italia dan Turki'' tegas Bale yang ditulis The Times kemarin (10/6).

Yang menarik, sekalipun Bale mengeklaim Wales akan merepotkan siapa pun, The Times juga menulis bahwa Wales dan Swiss datang ke Euro tak ubahnya hanya sebagai pelengkap. Dua bintangnya, Aaron Ramsey dan Bale, dianggap angin-anginan. Keduanya sulit mengangkat prestasi tim. Menurut The Times, skor paling ideal untuk pertandingan dua tim itu adalah berimbang. Kalau tidak 0-0, ya 1-1.

Pelatih Wales Ryan Giggs mengatakan, Wales akan bermain sesuai dengan jati dirinya selama ini. Yaitu, bermain cepat. Kombinasi Ramsey dan James memungkinkan Wales mengembangkan pola permainan cepat.

Giggs yakin Bale akan memberikan segalanya untuk Wales. ''Saya tidak meragukan komitmen Bale soal itu. Saya tahu persis siapa ia,'' kata Giggs yang pernah menjadi pemain sayap hebat di tim elite dunia, Manchester United.

Sebaliknya, Swiss tidak begitu. Swiss lebih mengandalkan serangan balik. Pelatih Swiss Vladimir Petkovic mengatakan, timnya tidak akan terpengaruh dengan permainan lawan. ''Kami akan bermain sesuai dengan pola yang sudah kami lakukan selama ini,'' ucap Petkovic seperti dikutip situs UEFA.com kemarin.

Petkovic mengatakan, timnya sudah tahu Wales. Gareth Bale akan mendapatkan perhatian ekstra dari para pemainnya. Swiss, katanya, tidak akan bermain buru-buru. (Max Wangge/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

 

Prediksi Line-up

WALES: Ward, Mepham, Rodon, Davies, Roberts, Allen, Ampadu, Williams, James, Wilson, Bale

SWISS: Sommer, Elvedi, Schar, Akanji, Mbabu, Zakaria, Xhaka, Rodriguez, Syaqiri, Embolo, Seferovi

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
EURO 2020: Inggris masih Terngiang Serpihan Dendam di Rusia

Sport
Cedera Lutut Bisa Anulir Karim Benzema dari EURO 2020

Sport
EURO 2020: Flatshare, Kiat Jerman setelah Dipandang Sebelah Mata