Sport

Tambaksari Masuk Kandidat Venue Liga 1

LIB Ingin Gelora 10 November Dampingi Gelora Bung Tomo

Mainmain.id

Posted on June 11th 2021

STADION Gelora 10 November Surabaya (Stadion Tambaksari) masuk salah satu daftar venue kompetisi Liga 1 musim ini. Stadion yang disiapkan untuk latihan tim peserta Piala Dunia U-20 2023 itu diplot untuk mendampingi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Selain dua stadion tersebut, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menginventaris beberapa stadion lain yang ada di Jawa  Timur. Di antaranya, Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kanjuruhan Malang, Brawijaya Kediri, Surajaya Lamongan, dan Ratu Pamelingan Pamekasan. Semua stadion itu akan diplot sebagai venue Liga 1 untuk seri Jawa Timur.

Kendati belum ada surat resmi ke klub, hampir pasti format kompetisi musim ini bakal menerapkan sistem series. Yakni, kompetisi akan dibagi enam series. Seri I meliputi Jakarta, Bogor, Tangerang, Banten, dan Jawa Barat. Seri II digelar di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Lalu, seri III dilaksanakan di Jawa Timur. Seri IV kembali lagi ke Jakarta Raya, Jawa Tengah, dan berakhir di Jatim.

Sekretaris Persebaya Ram Surahman membenarkan bahwa Stadion Tambaksari masuk list LIB. Hanya, kepastian pemakaian stadion legendaris itu masih harus dikomunikasikan dengan Pemkot dan Plorestabes Surabaya. ”Sudah saya sampaikan semua kemungkinan yang menyangkut (Stadion) Gelora 10 November. Sejauh informasi yang kami terima, hanya boleh untuk latihan. Oleh karena itu, kami sarankan LIB berkomunikasi langsung dengan pemkot dan polrestabes,” jelasnya.

Dari sisi fasilitas, kata Ram, Stadion Gelora 10 November memang cukup untuk menggelar pertandingan Liga 1, yang dilaksanakan tanpa penonton. Kondisi rumput, lampu, dan ruangan yang ada cukup mendukung. Maklum, stadion legendaris itu telah dipermak habis untuk persiapan Piala Dunia U-20. Namun, aspek di luar itu yang perlu dipertimbangkan. Terutama menyangkut lalu lintas dan lingkungan sekitar. Pasalnya, Gelora 10 November berada di tengah permukiman penduduk

Sementara itu, sampai sebulan menjelang kickoff, klub Liga 1 belum mendapatkan surat resmi dari PSSI. Baik terkait waktu kickoff, format, maupun jadwal kompetisi. LIB sejauh ini masih menyebut semua dimatangkan. ”Ini kami sedang rapat soal persiapan itu. Nanti kalau sudah selesai akan saya informasikan,” kata Direktur Operasional LIB Sudjarno.  

Sebelumnya, Sudjarno menjelaskan, persiapan menjelang bergulirnya Liga 1 memang tak mudah. Terlebih, kompetisi diadakan di tengah pandemi Covid-19. Untuk format Liga 1, sangat mungkin bakal berjalan sesuai penjabaran kepada klub-klub pada saat kongres PSSI lalu. Kabarnya, kepastian semua ini akan disampaikan dalam manager meeting klub Liga 1 yang dilaksanakan pada 20 Juni. Pertemuan itu akan digelar secara tatap muka di Jakarta. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

 
Related Articles
Sport
Sekjen PSSI: Izin Sudah Ditandatangani

Sport
Manager Meeting Klub Liga 1 Masih Sisakan Tanda Tanya

Sport
Liga 1 Digelar dengan Degradasi, Klub Agresif Datangkan Pemain Asing