Esports

Catatkan Sejarah! 2 Pemain Indonesia akan Berlaga di The International 10

Dika Afandi N

Posted on June 10th 2021

Kabar gembira hadir untuk para penggemar game DOTA 2 di Indonesia. Dua gamers asal Indonesia, yakni Kenny “Xepher” Deo dan Matthew “Whitelemon” Filemon sukses mengantarkan tim asal Korea Selatan, T1 lolos ke turnamen paling prestisius, The International (TI) 10 yang dihelat di Stockholm, Swedia.

Kedua pemain tersebut juga sukses mencatatkan sejarah di game DOTA 2. Sebab, sampai The International edisi ke-10, belum ada pemain Indonesia yang mencicipi turnamen bergengsi tersebut. “Xepher” dan “Whitelemon” sukses mengantarkan T1 lolos ke TI 10 setelah mengandaskah tim Aster di playoff WePlay Animajor.

Untuk lolos ke The International 10 sendiri, setiap tim setidaknya minimal harus mengantongi total 800 poin DPC. Sebelumnya, T1 sukses menjuarai Dota 2 Pro Circuit Season 2 dan berhak mengantongi total 700 poin DPC. Kekurangan tersebut berhasil mereka tutupi sebesar 100 poin setelah mengalahkan tim Aster dengan skor 2-0.

“Xepher” dan “Whitelemon” tak boleh jumawa. Sebab, mereka berdua masih harus melanjutkan perjalanan di WePlay Animajor upper bracket ronde kedua. Mereka masih bisa menambah poin DPC T1 meskipun sudah dinyatakan lolos ke The International 10.

Tapi tak ada salahnya. Sebab, bila mereka tampil apik bisa jadi mencatatkan rekor kembali sebagai orang Indonesia pertama yang menjuarai Major. Sebelumnya, “Xepher” juga pernah mencicipi piala Minor bersama superstar DOTA 2 yakni “InYourDream”. Kala itu, mereka berdua masih satu tim di Tigers.

“Xepher” sendiri merupakan jebolan dari tim Req Regum Qeon (RRQ) divisi DOTA 2. Ia memutuskan hijrah ke tim Tigers pada pertengahan 2018 lalu. Prestasi “Xepher” semakin melejit sejak ia tergabung bersama Geek Fam. Bersama Geek Fam ia mempersembahkan trofi One Esports DOTA 2 South East Asia League dan BTS Pro Series Season 2: Southeast Asia.

Sedangkan “Whitelemon” sendiri mengawali karir di Evos Esports. Prestasinya bersama Evos Esports hanya finis di posisi keempat MPGL Asian Championship. Setelah itu, ia juga memutuskan pergi dan bergabung bersama Geek Fam. Ia menjadi rekan “Xepher” sejak saat itu sampai sekarang di T1.

Selain “Xepher” dan “Whitemon”, TI10 juga jadi momen pertama bagi “23savage” (Thailand) dan “Karl” (Filipina). Selamat untuk “Xepher” dan “Whitelemon”! (*)

Related Articles
Esports
Celotehan Xepher “Mama aku di TI” Sukses Trending di Twitter

Esports
The International 10 Terancam Batal Digelar di Swedia

Esports
Ini Dia 18 Tim Yang Lolos ke One Esports Singapore Major 2021