Sport

Alessandro Florenzi Kembali ke Timnas Italia karena Roberto Mancini

Mainmain.id

Posted on June 10th 2021

ITALIA akan meladeni Turki di laga pembukaan Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Jumat (11/6) atau Sabtu dini hari (12/6) WIB. Bagi bek kanan Alessandro Florenzi, merumput kembali di Olimpico bak momen rindu terlarang. Ia begitu emosional kembali ke tempat itu.

Kisah Florenzi ibarat layang-layang putus. Ketika Roma ditangani Paulo Fonseca, nasib Florenzi yang menjabat kapten Roma tiba-tiba jadi tak jelas. Ia tidak masuk rencana pelatih asal Portugal itu. Florenzi lantas dipinjamkan selama setengah tahun ke Valencia pada 2020. Di musim panas tahun lalu, Florenzi kemudian dipinjamkan ke klub elit Prancis, Paris Saint-Germain. Ia dipinjamkan setahun dengan opsi pembelian.

Nasibnya kini juga belum jelas. Apakah pelatih baru Jose Mourinho akan menggunakan jasanya atau tidak. Tidak ada yang tahu pasti. Namun, peruntungan datang karena di saat ia tidak dipercaya klub, pelatih nasional Italia Roberto Mancini justru sangat antusias menggunakan jasanya di Gli Azzurri. Florenzi yang kini berusia 30 tahun bahkan masuk starting line-up Mancini, termasuk saat melawan Turki nanti. Kalau tak ada aral melintang, Florenzi akan memainkan tiga pertandingan penyisihan grup Euro 2020 di Roma.

”Mereka selalu sedikit di stadion dengan kapasitas 80.000 meskipun mereka ada di 15.000 atau 16.000. Namun, kehadiran mereka sangat berarti bagi pemain. Sudah sekian lama pemain tidak merasakan denyut dukungan suporter. Saya menunggu momen-momen itu,'' ujar Florenzi dalam konferensi pers di Roma, Italia, Rabu (9/6).

Roma dan Stadion Olimpico adalah tempat ia menghabiskan sebagian besar karier sepak bolanya. ''Saya begitu banyak menikmati momen spesial di sini. Saya tumbuh menjadi seorang pemain sepak bola juga di Roma,'' ungkapnya seperti dikutip La Gazzetta dello Sport kemarin.

Florenzi benar-benar antusias menjawab pertanyaan wartawan yang ditujukan kepadanya. Sampai-sampai ada yang bertanya di luar konteks. Misalnya, apakah Florenzi sudah berbicara dengan Gigio Donnarumma yang disebut-sebut akan pindah ke Paris.

Donnarumma memang sudah memutuskan pergi dari AC Milan musim panas ini. Ia telah dikaitkan dengan kepindahan ke Paris Saint-Germain. Florenzi menekankan, dirinya belum memberikan saran apa pun soal itu. ”Tidak ada yang perlu memberikan nasihat kepada Gigio. Ini hidupnya. Biarkan Gigio membuat keputusannya sendiri,'' ucapnya.

Seusai memberikan jawaban soal Donnarumma itu, Florenzi mengatakan, dirinya bahagia bisa bermain di PSG. ''Saya belajar banyak hal di sana. Saya memasuki ruang ganti dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki kepribadian yang kuat. Makin hari, saya merasa makin kuat di sana,'' jelas Florenzi.

Karena dedikasi dan kemajuannya saat bermain di PSG itulah, Florenzi akhirnya dipanggil ke tim nasional Italia.

Bagaimana kalau seusai bermain di timnas Italia Florenzi dipanggil kembali oleh AS Roma untuk memperkuat Serigala Ibu Kota? ''Itu soal nasib. Saya akan bermain dengan tim yang benar-benar membutuhkan jasa saya. Sekarang saya hanya ingin berkonsentrasi penuh untuk tim nasional,'' ucap Florenzi menutup pembicaraan. (Max Wangge/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Setelah 100 Tahun, Strategi Catenaccio Italia Sudah Tak Laku

Sport
EURO 2020: Dibuka Atraksi Teatrikal Mancini dan Gunes

Sport
Euro 2020: Di Tangan Mister Roberto Mancini, Italia Hidup Lagi