Sport

Derbi Roma Bakal Pertemukan Jose Mourinho versus Maurizio Sarri

Mainmain.id

Posted on June 10th 2021

DERBY della Capitale musim depan dipastikan lebih seru. Dua pelatih yang suka bicara ceplas-ceplos akan saling berhadapan di ibu kota Italia. Setelah Jose Mourinho diumumkan sebagai pelatih baru AS Roma, giliran SS Lazio yang menunjuk Maurizio Sarri sebagai nakhoda anyar. Sarri mengisi posisi Simone Inzaghi yang hijrah ke Inter Milan musim panas ini.

Sarri dan Mourinho sama-sama berpengalaman di Inggris. Keduanya adalah mantan manajer Chelsea. Mereka sama-sama berprestasi. Sarri mengantarkan tim berjuluk The Blues itu juara Europa League 2018/2019. Jumlah gelar Mourinho di Chelsea memang lebih banyak. Manajer asal Portugal tersebut memberikan 3 trofi Liga Inggris, 3 gelar Piala Liga, 1 Piala FA, dan 1 trofi FA Community Shield.

Setelah meninggalkan Chelsea, Sarri bergabung dengan Juventus dan meraih gelar Serie A bersama Si Nyonya Tua. Setelah semusim menganggur, Sarri akan mengisi posisi head coach di Lazio. Sarri menyepakati kontrak berdurasi dua tahun. Pelatih 62 tahun tersebut akan menerima gaji 3 juta euro per musim. Angka itu bisa naik menjadi 4 juta euro jika Sarri bisa membawa Lazio berlaga di Liga Champions.

Penunjukan Sarri sebagai pelatih baru dirasa tepat oleh mantan bek Lazio Alessandro Nesta. Baginya, keputusan itu adalah respons yang tepat dari manajemen Biancoceleste, julukan Lazio. "Saya percaya kepergian Simone Inzaghi meninggalkan lubang. Lazio sekarang telah mengambil Sarri dan Roma memiliki Jose Mourinho. Itu adalah respons yang luar biasa dari Biancocelesti," kata Nesta menurut PagineRomaniste.

Sarri dikabarkan akan memboyong gerbong Chelsea ke ibu kota Italia. Salah satu nama yang akan direkrut ialah bek David Luiz. Pemain asal Brasil itu memutuskan pergi dari Arsenal pada musim panas ini. Selain itu, Sarri ngebet untuk mendatangkan Ruben Loftus-Cheek dan Marcos Alonso ke Lazio musim depan. Loftus-Cheek dipinjamkan ke Fulham musim lalu. Sedangkan Alonso hanya turun di 17 pertandingan sepanjang musim 2020/2021.

Sementara itu, Filippo Inzaghi telah menemukan klub baru setelah memutuskan pergi dari Benevento pada akhir Mei lalu. Mantan penyerang AC Milan dan Juventus tersebut diumumkan sebagai arsitek Brescia. Pippo, sapaan akrabnya, akan menukangi Brescia di kompetisi Serie B musim depan. Ia ditargetkan membawa tim yang bermarkas di Stadio Mario Rigamonti itu kembali ke Serie A.

"Sebuah petualangan baru dimulai untuk saya. Saya hanya bisa bahagia dan bangga bergabung dengan Brescia. Saya berterima kasih kepada Presiden Massimo Cellino dan direktur atas kesempatan ini. Sebab, mereka telah menunjukkan minat dan kepercayaan yang besar kepada saya sejak awal," kata eks penyerang Juventus itu di situs resmi klub. (Muhammad Syafaruddin/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Habitat Baru Jose Mourinho

Sport
Jose Mourinho Mulai Menata Kekuatan AS Roma

Sport
Ganti Gigio dengan Kiper Juara Ligue 1