Sport

Pemain Asing Komplet, Nuansa Barisan Muda Makin Kental

Mainmain.id

Posted on June 10th 2021

KEINGINAN Aji Santoso agar skuad Persebaya musim ini diisi barisan pemain muda sepertinya mulus. Tidak hanya karena Persebaya mempromosikan sejumlah pemain juniornya, tapi juga datangnya skuad asing beberapa pekan ini.

Melihat dari data yang ada, ternyata semua skuad asing Persebaya musim ini di bawah 30 tahun. Persis harapan Aji Santoso selama ini. Pemain asing terakhir yang didatangkan Persebaya, Bruno Moreira Soares, tercatat sebagai pemain asing termuda yang dimiliki Persebaya musim ini. Pemain berposisi gelandang itu baru berusia 22 tahun. Ia lahir 8 April 1999 di Cajamar, Sao Paulo.

Berikutnya Taisei Marukawa, berusia 24 tahun. Pemain Jepang kedua dalam sejarah Persebaya itu lahir di Hiroshima pada 39 Januari 1997. Setelah itu, defender asal Inggris, Alie Sesay, dua tahun lebih tua daripada Marukawa. Pemain timnas Sierra Leone tersebut lahir pada 25 Juli 1993. Dan, pemain asing tertua ternyata disandang Jose Wilkson. Pemain itu berusia 29 tahun. Ia lahir di Fortaleza, 22 Maret 1992.

Dengan usia yang belum mencapai kepala tiga, empat pemain impor tersebut makin mengentalkan status young guns di tubuh Persebaya. Dari 24 pemain lokal yang tercatat saat ini, hanya tiga pemain yang usianya di atas 30 tahun. Yakni, Rendi Irwan, Samsul Arif, dan Johan Yoga Utama. Selebihnya para pemain  berusia 20-an. Bahkan, Marselino Ferdinand pada September nanti baru berusia 17 tahun.

Aji Santoso mengaku sengaja memilih skuad yang tidak terlalu berumur. Ia ingin para pemain asing itu dalam posisi masa keemasannya. Dengan demikian, mereka benar-benar bisa berkontribusi pada tim. Selain itu, rentang usia yang tidak terlalu jauh diharapkan juga bisa membuat para pemain asing muda beradaptasi dengan pemain lokal.

”Yang tak kalah penting adalah investasi. Seperti halnya pemain lokal, kebijakan pada pemain asing kurang lebih sama. Kita cari dan pilih yang memiliki prospek,” ujar Aji.

Bahwa semua pemain saat ini dikontrak untuk semusim, kata Aji Santoso, itu juga bagian dari strategi. Ia ingin melihat dulu kemampuan sang pemain beradaptasi di Liga Indonesia. Bila memang lolos, mereka pasti disodori kontrak lagi. ”Jadi, kita punya opsi perpanjangan di musim berikutnya. Lagi pula, cukup riskan dalam situasi seperti sekarang ini kalau kami memberikan kontrak jangka panjang. Semua masih belum pasti kondisinya, termasuk kompetisi kita,” bebernya. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Pemain Persebaya asal Brasil, Bruno Moreira Sudah Datang

Sport
Lengkap, Hari Ini Pemain Asing Persebaya Bruno Moreira Merapat

Sport
Marukawa Kaget Tradisi Ultah di Persebaya