Sport

PR Aji Segera Kembalikan Kebugaran Pemain Asing

Mainmain.id

Posted on June 10th 2021

PEMAIN asing Persebaya memang berdatangan. Namun, tidak berarti pelatih Aji Santoso lega begitu saja. Sebab, Aji kini menghadapi persoalan kebugaran para pemain asingnya itu. Beberapa pemain asing Persebaya sudah cukup lama tidak turun lapangan.

Dari empat pemain asing Persebaya, dari sisi kebugaran, mungkin Alie Sesay yang paling oke. Sebab, dari catatan terakhir pertandingan, pemain berpaspor Inggris itu terakhir turun ke lapangan pada 19 Mei 2021. Ia turun 90 menit saat membela klub Sabail yang tampil di Liga Azerbaijan. Ketika itu Alie Sesay turun melawan Sumqayit City.

Nama berikutnya Jose Wilkson. Ia terakhir merumput pada April lalu di Liga Malta. ”Saya memang terakhir bermain April lalu. Tetapi, selama di Brasil, saya ikut berlatih bersama tim profesional di Fortaleza untuk menjaga kondisi,” tegasnya.

Nama lain adalah Bruno Moreira. Pemain yang paling terakhir didatangkan itu tercatat merumput pada Januari lalu. Ketika itu ia bermain untuk klub Envigado di Liga Kolombia. Setelah sepanjang 2020 dipinjamkan ke klub Liga 2 Korea Selatan, Ansan Greeners dan Chungnam Asan.

Yang paling lama tidak bermain bola adalah Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang tersebut terakhir merumput pada Juli 2020. Saat itu ia bersama tim Noah Jumala FC di Liga Latvia. Lama nganggur tentu membuat stamina Marukawa kedodoran. Hampir dua pekan bergabung tim, winger mungil itu terlihat masih bermasalah dengan kondisi fisiknya. Kondisi tesrebut makin sulit karena pemain kelahiran Hiroshima itu juga masih harus beradaptasi dengan cuaca panas Surabaya.

Masalah kebugaran sangat penting. Menjadi modal utama bagi sang pemain agar bisa tune in dengan strategi yang disiapkan pelatih. Bila kebugarannya bermasalah, bakal merepotkan semuanya. Apalagi, Persebaya saat ini sedang menuju fase pematangan taktik. Tentu, tidak bisa lagi mengulang latihan fisik.

Aji dan tim pelatih pun menyiapkan solusi atas masalah itu. Ia mewajibkan para pemain yang baru bergabung agar berlatih ekstra untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Dan, itu pula yang dilakukan Marukawa.

Setengah jam sebelum sesi latihan dimulai, ia sudah di lapangan melahap menu latihan yang disiapkan pelatih fisik Persebaya. ”Ya memang harus seperti itu. Kami gak mungkin mundur lagi. Makanya, harus ada porsi latihan tersendiri buat mereka. Biar bisa segera tune in dengan yang lain,” terang Aji Santoso. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

 
Related Articles
Sport
Jose Wilkson Pilih Nomor Punggung 84 untuk sang Istri

Sport
Persebaya Resmi Pakai Empat Pemain Asing

Sport
Sampai Surabaya, Striker Persebaya Jose Wilkson Siap Jalani Tes Medis