Sport

Duo Wonderkid Persebaya Dapat Kontrak Jangka Panjang

Mainmain.id

Posted on June 10th 2021

PERSEBAYA berhasil memagari dua wonderkid-nya. Ruy Arianto dan Fernando Pamungkas resmi dikontrak jangka panjang oleh manajemen Bajol Ijo kemarin (9/6). Dua pemain itu diikat dengan durasi kontrak lima tahun. Sama dengan beberapa pemain sebelumnya yang dinaikkan levelnya ke tim senior. Yakni, Akbar Firmansyah dan Dicky Kurniawan. Langkah itu sudah pernah dilakukan Persebaya pada Rachmat Irianto.

Ruy dan Fernando bukanlah nama asing bagi publik sepak bola Indonesia. Ruy Arianto bersinar sejak membela Persebaya U-16 di ajang Elite Pro Academy. Berkat kegemilangan penampilannya, ia dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia U-16.

Pemain yang akan berulang tahun ke-17 pada 7 Juli itu merupakan andalan Bima Sakti, pelatih timnas U-16. Ruy kerap memberikan kontribusi untuk timnas Indonesia U-16. Salah satunya saat tampil di kualifikasi Piala Asia U-16 2019 yang lalu.

Sementara itu, Fernando Pamungkas justru kenyang pengalaman bermain di luar negeri. Pernah menjadi bagian dari tim Garuda Select selama dua tahun berturut-turut. Bahkan, legenda Chelsea, Dennis Wise, banyak memuji penampilan Fernando saat melatihnya secara langsung.

"Kami hari ini (kemarin) mengontrak dua pemain muda berbakat dengan kontrak jangka panjang. Ini adalah bukti keseriusan Persebaya dalam pembinaan sepak bola, Surabaya khususnya," ungkap Sekretaris Tim Persebaya Ram Surahman.

Menurut pria asal Gresik tersebut, kontrak jangka panjang menguntungkan pihak klub dan pemain. Di sisi pemain, mereka mendapatkan kepastian dalam jangka waktu yang cukup lama. Sedangkan bagi klub, dengan usia yang masih belia, Ruy dan Nando bisa ditempatkan di beberapa tim.

"Tahun ini kan Elite Pro Academy mulai jalan, mereka bisa saja didaftarkan di tim EPA. Tapi, begitu moncer bisa langsung naik ke senior. Regulasinya memperbolehkan untuk seperti itu tanpa harus mengganggu skuad yang ada," tandasnya. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Sport
Taisei Marukawa Mulai Betah di Surabaya

Sport
Persebaya Masih Butuh Lima Uji Coba Lagi

Sport
Alie Sesay Datang, Jose Wilkson Langsung ke Kandang