Tech

Hard Drive dengan Teknologi Graphene Bisa Simpan Data 10 Kali Lebih Banyak

Dwiwa

Posted on June 9th 2021

(Ubergizmo)

Seiring berkembangnya teknologi, kapasitas penyimpanan hard drive juga ikut meningkat. Saat ini pun, kapasitas penyimpanannya sudah jauh melebihi masa lalu, di mana floppy disk hanya dapat menyimpan data 1,44 MB.

Tetapi karena ukuran file saat ini terus membesar, tentu kita akan membutuhkan hard drive yang dapat menyimpan lebih banyak data. Dan para ilmuwan berpikir jika grafena alias graphene mungkin adalah jawabannya.

Dilansir dari Ubergizmo, para peneliti dari Universitas Cambridge telah mengembangkan hard drive ultra-high density baru yang memiliki lapisan grafena ultra tipis. Hard drive itu bisa menyimpan sepuluh kali jumlah data dibandingkan yang ada saat ini. Teknologi grafena sendiri digunakan untuk menggantikan pelindung berbahan dasar karbon, yang biasanya digunakan pada hard drive.

Bagi yang belum familiar, Grafena adalah bahan yang terbuat dari lapisan karbon setebal satu atom. Hal ini memungkinkan drive menahan kepadatan penyimpanan yang lebih besar dari biasanya.

"Grafena dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk hard disk drive konvensional dan mampu menahan kondisi perekaman data adalah hasil yang sangat penting,” jelas peneliti Cambridge Graphene Center dan rekan penulis studi, Anna Ott.

Ini bukan pertama kalinya grafena digunakan untuk meningkatkan teknologi yang ada. Sebelumnya, grafena telah digunakan untuk meningkatkan kinerja speaker. Selain itu ada juga baterai yang terbuat dari grafena. Baterai itu diklaim bisa tidak hanya mengisi daya lebih cepat, tetapi juga mampu bertahan lebih lama.

Sayangnya, belum bisa dipastikan kapan hard drive dengan teknologi grafena ini benar-benar bisa diterapkan untuk produk massal.(*) 

Related Articles
Tech
WhatsApp Punya Beberapa Fitur Baru, Ada yang Bisa Buat Kirim Pesan Rahasia

Tech
Makin Canggih, Toilet di Jepang Bakal Punya Tombol Holografik

Tech
Siap-Siap, Samsung Bakal Perkenalkan Galaxy S21 Minggu Depan