Interest

Penelitian: Berlebihan Konsumsi Kopi Tingkatkan Risiko Kerusakan Syarat Mata

Dwiwa

Posted on June 9th 2021

 

Kopi telah diketahui memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Tetapi jika jumlahnya berlebihan, beberapa studi telah mengungkap ada dampak buruk yang bisa ditimbulkan bagi kesehatan.

Beberapa dampak buruk yang biasa ditimbulkan seperti meningkatkan kecemasan, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, dan bahkan masalah pada ginjal. Dan terbaru, sebuah studi mengungkap jika mengonsumsi kopi dalam jumlah tertentu sehari dapat meningkatkan risiko kebutaan.

Dilansir dari Bestlife, sebuah studi dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai yang diterbitkan dalam jurnal medis Opthalmology edisi Juni 2021 menemukan hubungan antara asupan kopi dan risiko glaukoma (kerusakan saraf mata akibat peningkatan tekanan bola mata).

Menurut Mount Sinai, peningkatan tekanan intraokular (IOP), tekanan dalam mata, merupakan faktur utama untuk glaukoma. Dan ini menjadi penyebab utama kebutaan di Amerika Serikat. Temuan studi ini menunjukkan bahwa orang dengan kecenderungan genetik tinggi untuk IOP, di mana mereka punya kebiasaan minum kira-kira tiga cangkir kopi sehari 3,9 kali, lebih rentan dengan risiko glaukoma.

Selain itu, sebuah studi pada 2012 juga menunjukkan lebih dari 120 ribu pria dan wanita di atas usia 40 tahun, yang tidak memiliki glaukoma, menemukan hubungan serupa. Temuan yang diterbikan dalam jurnal Investigate Opthalmology and Visual Science itu menunjukkan bahwa minum tiga cangkir kopi atau lebih per hari –dibandingkan yang tidak minum– menyebabkan peningkatan risiko jenis glaukoma tertentu yang disebut glaukoma pengelupasan. Sejauh ini para peneliti belum menemukan hubungan serupa pada produk berkafein lain, seperti soda, teh, atau coklat.

Berdasarkan hasil temuan ini, para peneliti menyarankan kepada orang-orang yang memiliki riwayat keluarga glaukoma harus mengurangi asupan kafein mereka. Meski begitu, mereka memberikan catatan jika hubungan antara kafein dan risiko glaukoma hanya terlihat pada mereka yang mengonsumsi sejumlah besar kafein dan memiliki risiko genetik yang tinggi.(*)

Related Articles
Lifestyle
Suka Kopi? Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Ngopi...

Lifestyle
Gak Perlu Minum Kopi, Hirup Aromanya Aja Sudah Meningkatkan Fokus dan Memori!

Lifestyle
Ini Loh Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Jika Kalian Kebanyakan Kopi