Tech

Instagram dan Facebook Tawarkan Cuan buat Para Kreator Konten, Begini Caranya...

Kabar baik buat para kreator konten~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 9th 2021


(Foto: Instagram)

Buat kalian para kreator konten atau influencer di Instagram (atau… Facebook), dua platform itu sedang menyiapkan beberapa cara agar kalian bisa dapat cuan lebih banyak. Jadi nggak cuma dari paid promote aja tuh, tapi dikasih dari si media sosial juga. Ada beberapa program yang sedang disiapkan, nih penjelasannya.

Komisi penjualan produk


(Foto: Instagram)

Kalau kita terima paid promote, kita cuma dibayar untuk mempromosikan konten suatu produk. Nah, Instagram mengembangkan hal tersebut. Dengan fitur shopping, produk yang kita tautkan di unggahan bisa menghasilkan sejumlah komisi setiap kali terjual. Kalau pemilik akun mengaktifkan sistem komisi, bakal ada tulisan “Eligible for commission” di bagian yang biasanya berisi lokasi.

Kreator bisa memeriksa engangement unggahan promosi mereka di bagian post insights. Dari situ juga bisa langsung tahu berapa banyak orang yang beli produknya setelah lihat unggahan tersebut. Tertulis juga nominal komisinya. Asyik kan?

Memaksimalkan fitur shopping


(Foto: Instagram)

Kalau kamu mau buka toko atau menautkan toko yang kamu punya di profil Instagram, bisa juga kok. Di atas tombol follow nanti akan ada tombol yang mengarahkan ke toko. Lumayan buat jual merchandise atau cookies, nggak perlu nge-tag toko di bio kayak biasanya. Untuk fitur ini sudah tersedia secara global sejak Selasa (8/6) lalu.

Badges dan Stars

(Foto: Facebook)

Buat kalian yang hobi nge-live dan punya fan setia, program ini bakal pas banget. Instagram pada Oktober 2020 lalu sempat menguji coba fitur lencana buat para penonton live yang bersedia membayar sejumlah uang. Nantinya lencana tersebut bakal bikin si fan lebih terlihat dan kemungkinan di-notice sama si kreator.

Nah, Instagram mendorong penjualan lencana itu dengan tawaran memberikan sejumlah bonus tertentu kalau kreator mencapai target penjualan lencana. Buat Facebook juga ada Star Challenges. Kalau berhasil broadcast selama beberapa waktu atau berhasil dapat sejumlah bintang, ada bonus menanti. Tantangannya beragam dan jangka waktunya juga berbeda.

Di luar itu, Twitter juga telah menguji coba fitur Tip Jar agar para kreator bisa menerima sejumlah uang dari fan. Clubhouse juga punya fitur serupa untuk mendukung kreator.

Nah, itu dia sederet cara yang disiapkan Instagram dan Facebook untuk mendukung kreator konten. Cek secara berkala kalau fiturnya belum tersedia. Selamat bikin konten~ (*)

Related Articles
Tech
Instagram dan Facebook Beri Pengguna Pilihan untuk Sembunyikan Jumlah Like

Tech
Instagram Lite Muncul Lagi buat Pemilik HP Kentang atau yang Mau Hemat Kuota

Tech
Makin Mudah, Kini Pengguna Instagram Bisa Kumpulkan Donasi Saat Siaran Live