Current Issues

Juli Bakal Kembali Belajar Tatap Muka, Ini Tips Aman Bersekolah Saat Pandemi

Dwiwa

Posted on June 9th 2021

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia memang telah mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Kabar baik ini pun membuat pemerintah memutuskan agar proses pembelajaran bisa kembali secara tatap muka tidak lagi daring.

Tetapi tentu saja, kembalinya para siswa ke sekolah ini diikuti dengan sejumlah syarat tertentu yang akan memastikan siswa, guru, maupun staf tetap aman selama kegiatan belajar mengajar. Termasuk di antaranya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Dilansir dari Antara, Presiden Joko Widodo pun sudah memberikan arahan agar proses pembelajaran tatap muka (PTM) ini bisa berjalan lancar tanpa menimbulkan kluster baru. Arahan tersebut meminta kepada semua pihak untuk menjalankan PTM dengan ekstra hati-hati.

Dalam arahannya, presiden meminta agar seluruh guru divaksinasi sebelum ajaran baru dimulai. Selain itu, PTM maksimal hanya 2 hari dalam sepekan dengan durasi per hari maksimal 2 jam. Jumlah kehadiran murid maksimal juga hanya 25 persen dari total.

Sementara itu, keputusan apakah seorang siswa akan datang ke sekolah atau tetap melakukan pembelajaran secara daring ditentukan oleh orang tua. Tentu saja untuk membuat PTM ini berjalan dengan aman, sekolah juga harus melakukan sejumlah persiapan.

Sekolah yang menggelar PTM harus secara ketat menerapkan protokol kesehatan kepada siapa pun yang ada di lingkungan sekolah. Selain itu, juga harus menyediakan sarana sanitasi dan kebersihan.

Sirkulasi udara di kelas pun harus dipastikan memadai. Pihak sekolah harus bisa mengatur tata letak ruangan dan pengaturan jalur di koridor/tangga dengan penanda arah serta wajib memiliki satuan tugas penanganan Covid-19.

Tidak hanya sekolah saja yang berperan dalam memastikan keamanan dan keselamatan siswa saat PTM kembali digelar. Tetapi orang tua juga mempunyai peranan penting. Mereka lah yang harus secara rutin memeriksa kondisi kesehatan anak-anaknya.

Selain itu, orang tua juga harus menyediakan dan memastikan anak-anaknya selalu memakai masker dengan benar, termasuk cara memasang dan melepas. Jika perlu, luangkan waktu untuk mengantar dan menjemput anak ke sekolah agar lebih aman.

Nah, sementara buat kalian nih para siswa yang sudah sangat tidak sabar untuk bisa kembali belajar di sekolah, pastikan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan ya. Selalu gunakan masker dengan benar, rutin mencuci tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer, menjaga jarak dengan orang lain, dan tentu saja tidak berkerumun selama berada di sekolah.

Oh ya, kalian juga harus tahu bagaimana etika batuk dan bersin yang benar ya. Ingat, kalau sedang batuk atau bersin masker jangan dibuka. Sebab, tujuan penggunaan masker ini memang untuk mencegah kita menyebarkan cairan pernapasan yang mungkin mengandung kuman ke lingkungan.

Kalau takut nanti masker akan menjadi basah dan kotor, ingat selalu untuk membawa beberapa masker cadangan saat ke sekolah ya. Pasalnya, selain tidak nyaman, masker yang basah justru bisa mengganggu proses pernapasan.

Jadi, sudah siap untuk kembali ke sekolah? (*)

Related Articles
Current Issues
Perketat Maskermu! Kasus Harian Covid-19 Indonesia Pecah Rekor

Current Issues
Penelitian Terbaru: Jarak Antarsiswa 90 Cm Sudah Dianggap Aman

Current Issues
Rutin Lakukan Ini Agar Tak Begitu Parah Jika Apes Terinfeksi Covid-19