Tech

Wow! iOS 15 Bisa Untuk iPhone 6s Begini Cara Instal Versi Betanya

Faanissaa

Posted on June 8th 2021

Foto: apple.com

Jagad twitter sedang ribut soal update iOS 15. Kabar baiknya, pengguna iPhone 6S tidak akan ditinggal tahun ini. Device yang dirilis di San Francisco 9 September 2015 itu tetap kompatibel dengan sistem operasi terbaru tersebut.

Versi beta publik iOS 15 akan dirilis bulan depan. Member Apple Beta Software Program bisa ikut andil dalam uji coba itu. Saran mereka akan dipakai dalam pengembangan versi resminya.

Namun bagi yang tidak sabar, sudah ada versi beta developer yang bisa didapat di betaprofiles.com. Sebelum mencoba versi beta tersebut pastikan bahwa device yang digunakan bukan device utama kalian. Sebab, versi beta developer masih banyak bug-nya. Takutnya, malah mengganggu aktivitas harianmu.

Versi beta developer ini sedang banyak dicari. Website-nya sampai down karena banyak yang mengunduh. Jika website belum bisa dibuka, maka coba beberapa menit kemudian sampai traffic menurun. 

Jika sudah bisa masuk, maka akan muncul pertanyaan: Website is trying download a configuration profile. Do you want to allow this? Kalau sudah yakin, pilih allow

Setelah itu kembali ke setting. Akan muncul pilihan profile download. Pilih install dan restart device jika sudah selesai. 

Jika sudah, maka masuk lagi ke setting. Pilih kolom general. Di bagian terbawah ada pilihan profile. Setelahnya, tinggal pilih software update. Download lalu install. Total memori yang dibutuhkan mencapai 3,36 GB.

Kreator Snazzy Lab Quinn Nelson sudah mencoba versi beta itu. Ada banyak perubahan signifikan yang menurutnya menguntungkan pengguna Apple. ”Luar biasa keren, dan ini jadi alasan kenapa orang perlu membeli iPhone,” katanya.

Yang jadi pertanyaan, apakah device iPhone 6S masih kuat dengan sistem operasi baru tersebut. Banyak yang khawatir pembaruan itu justru akan memperlambat kinerja iPhone jadul mereka.  

Ada sejumlah perubahan signifikan di sistem operasi terbaru. Salah satunya di Facetime. Apple membuat tampilan panggilan grup berbentuk grid dengan orang yang berbicara berada di paling atas.

Foto: apple.com

Ada juga fitur spatial audio yang mampu meredam suara bising di sekitar. Sehingga perbincangan bisa lebih tenang. Ada juga shareplay yang memungkinkan pengguna Facetime berbagi layar, mendengarkan musik, dan nonton film bareng. 

Sementara, fitur Facetime link juga menghubungkan pengguna Apple dengan pengguna Android atau Windows. Ada juga fitur Live Text untuk memintai tulisan tangan ataupun teks dari gambar secara praktis. Namun belum banyak opsi bahasa di fitur ini. 

Foto: Quinn Nelson

Quinn juga memuji fitur Maps yang  menampilkan tampilan globe dan 3D yang jauh lebih detail di sejumlah kota. Maps secara otomatis mengikuti pengguna selama rute transit dan dapat mengingatkan kapan harus turun, serta menawarkan informasi arah yang lebih rinci. (*)

Artikel Terkait
Tech
Kembangkan Aplikasi Move to iOS, Apple Buka Lebar Migrasi Pengguna Android

Tech
'Wajah Meleleh’ dan 36 Emoji Baru Lainnya Hadir di iOS 15.4 Versi Beta Apple

Tech
Fitur Anti-Stalking untuk AirTag Muncul di iOS 15.4 Beta