Sport

Lho... Lho...Wayne Rooney Jagokan Prancis

Mainmain.id

Posted on June 8th 2021

OBJEKTIF. Mantan striker tim nasional Inggris Wayne Rooney memberikan penilaian ''objektif'' soal negara yang berpotensi merebut trofi Eropa di Euro 2020. Bukan Inggris. Bukan Jerman. Bukan pula Italia atau Portugal, melainkan Prancis.

Lho, lho... Kenapa harus Prancis? Kenapa bukan Inggris? Inggris, kata eks pemain Manchester United, itu, memang potensial. Namun, langkah The Union Jack hanya sampai di empat besar atau semifinal.

Prancis, ucap Rooney, punya segala-galanya lho. Kiper bagus. Bek-beknya istimewa. Prancis punya gelandang bertahan terbaik di dunia. Lini depannya jangan tanya lagi. Menakutkan. Prancis punya kombinasi striker megabintang dalam diri Kylian Mbappe dan tukang cetak gol penuh pengalaman seperti Karim Benzema, Olivier Giroud, dan Antoine Griezmann. Dengan kelebihan-kelebihan itu, tim berjuluk Les Bleus tersebut memenuhi syarat untuk membawa pulang trofi Euro 2020 ke negaranya sekaligus menyatukannya dengan trofi juara dunia 2018.

Rooney mengatakan, Prancis adalah tim bertabur bintang. Prancis butuh konsentrasi  penuh sejak awal. Sebab, tim Negeri Anggur itu berada di grup maut bersama juara bertahan Portugal. Prancis tak boleh mengabaikan Jerman yang bisa memulangkan mereka sejak awal. Hungaria juga kini mulai bangkit dan membuat tiga tim lainnya harus pikir-pikir untuk menghadapinya.

''Didier Deschamps tentu ingin membangun kesuksesan seperti di Piala Dunia 2018. Tim mana pun sulit menghentikan Prancis,'' ucap eks kapten timnas Inggris itu seperti dikutip The Times Senin (7/6).

''Inggris termasuk di antara kelompok empat tim yang berdiri di atas tim lain dalam hal prospek di Euro 2020. Portugal dan Belgia juga ada di sana, tetapi favorit saya adalah Prancis. Lihatlah Kylian Mbappe, N’Golo Kante, Karim Benzema, Antoine Griezmann, Paul Pogba, Raphael Varane, Hugo Lloris,'' tulis Rooney di The Times.

''Anda harus melihat kualitas, pengalaman, dan rekam jejak mereka sebagai juara dunia. Anda harus menyadari bahwa jika pemain mereka konsisten, mereka akan memenangkan turnamen ini,'' papar Rooney yang mengawali karier di Premier League bersama klub Merseyside, Everton.

Meski Prancis memiliki begitu banyak pemain bertalenta, Rooney percaya bahwa adanya kekompakan di skuad Prancis akan menjadi aset kunci seiring berjalannya turnamen.

''Mereka bukan hanya kumpulan talenta hebat. Di lapangan, seperti yang kita lihat di Rusia pada 2018, Prancis adalah tim yang sangat besar dan persatuan kian kuat ketika Anda memenangkan banyak hal bersama,'' ujarnya.

Meski hebat, ingat Rooney, Prancis harus tetap berhati-hati dan menyelesaikan satu per satu agenda pertandingan dengan rapi. Ia cemas dengan laga-laga awal penyisihan grup. Grup F dihuni tiga negara yang dalam satu dasawarsa terakhir menguasai Eropa dan dunia. Di luar Prancis yang menjadi juara dunia 2018, Jerman adalah juara dunia 2014. Portugal adalah juara bertahan Euro 2016. Hungaria sudah mulai bangkit dan menunjukkan taringnya sebagai tim potensial dari Eropa Timur.

''Dengan demikian, kekompakan adalah jawabannya. Di atas kertas, saya yakin Prancis mampu melakukan itu,'' tambah Rooney.

Rooney lantas memberikan pujian khusus untuk N'Golo Kante. Gelandang bertahan yang satu ini masuk ke turnamen tersebut dengan performa luar biasa untuk Chelsea. Ia membungkam Manchester City di final Liga Champions.

Menurut Rooney, Kante bahkan lebih efektif ketimbang Claude Makelele yang juga pemain legendaris Prancis maupun Chelsea.

Rooney menggambarkan Kante sebagai kombinasi Makelele dan mantan gelandang Manchester City Yaya Toure. ”Prancis mungkin memiliki pemain tim terbaik dalam diri Kante. Di final Liga Champions, ia memberikan performa yang sempurna. Ia melakukan segalanya, yaitu memecah permainan, tetapi kemudian bermain di area sempit dan memulai serangan,'' tutunya.

Orang pernah melihat Yaya Toure, bagaimana ia mendapatkan bola dan menyerang ke depan tetapi juga bisa bertahan dengan sangat baik.  Kante melakukan semua itu, tetapi juga melindungi pertahanannya seperti yang pernah dilakukan Claude Makelele. Bedanya, sesekali Kante menyumbangkan gol.

”Sulit dipercaya memiliki seorang pesepak bola Toure dan Makelele yang bergabung menjadi satu. Nah, Kante punya energi itu.  Di Chelsea, Anda melihat energinya membawa banyak hal kepada pemain lain,'' ucapnya.

Rooney percaya bahwa N’Golo Kante adalah gelandang terbaik di dunia saat ini. Tidak ada yang lain.

Setiap kali Kante menyerang, orang akan melihat dua atau tiga dari mereka juga menyerang. Teman-temannya tidak khawatir meninggalkan posisi mereka karena jika bola diserahkan, mereka tahu Kante akan kembali bugar dan melakukan serangan balik.

Prancis memulai kampanye saat melawan Jerman pada 15 Juni. Setelah itu, Les Bleus meladeni Hungaria dan Portugal. (Max Wangge/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Cedera Lutut Bisa Anulir Karim Benzema dari EURO 2020

Sport
EURO 2020: Belanda Harus Menang agar Aman

Sport
EURO 2020: Ketemu Rusia, Belgia Kejar Peringkat Pertama