Tech

Ikut Penerbangan Pertama Blue Origin, Jeff Bezos ke Luar Angkasa Bareng Adiknya

Jingga Irawan

Posted on June 7th 2021

Jeff Bezos (The Verge)

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, berencana ikut terbang dalam penerbangan penumpang pertama dari perusahaan luar angkasanya, Blue Origin. Agenda tersebut akan diluncurkan perusahaan 20 Juli mendatang, sebagaimana dilansir dari The Verge, Senin (7/6).

Jeff mengumumkan berita tersebut melalui sebuah unggahan video di Instagram. Di dalamnya, Jeff menjelaskan bahwa dia dan saudara laki-lakinya, Mark Bezos, akan diluncurkan ke tepi luar angkasa pada 20 Juli dengan roket yang dibangun Blue Origin.

Sebelumnya pada bulan Mei, Blue Origin memang mengumumkan bahwa mereka akan menargetkan pada 20 Juli bisa melakukan penerbangan awak pertama. Tetapi saat itu, Jeff tidak mengungkap bahwa ia juga ikut terbang bersama.

“Saya ingin melakukan penerbangan ini karena itu adalah hal yang ingin saya lakukan sepanjang hidup saya. Ini adalah petualangan. Ini sesuatu yang besar bagi saya,” kata Jeff.

Mark dan Jeff terbang ke tepi ruang angkasa dengan roket New Shepard Blue Origin yang diklaim dapat digunakan kembali. Booster ini diatapi oleh Crew Capsule berbentuk Gumdrop dengan ruang untuk enam penumpang di dalam dan sebuah jendela besar.

Roket akan meluncur dari Bumi. Dan begitu mencapai garis Kármán, tepatnya 100 kilometer di atas permukaan laut, kapsul akan terlepas dari booster. Memungkinkan penumpang untuk melihat kelengkungan bumi dan mengalami situasi weightlessness (tanpa bobot). Booster dan kapsul kemudian akan mendarat secara terpisah, dengan pendaratan kapsul di gurun Texas dengan bantuan parasut.

Selain Jeff dan Mark Bezos, satu kursi dalam penerbangan akan diberikan oleh pemenang dari lelang online yang sedang berlangsung saat ini. Lelang berakhir pada 12 Juni dan saat ini memiliki tawaran tinggi sebesar USD 2,8 juta. (*)

Related Articles
Tech
Pemenang Lelang Tiba-Tiba Tunda Terbang Bersama Blue Origin. Kenapa Ya?

Tech
Catat Sejarah Baru, Jeff Bezos Sukses Tur Antariksa Bersama Blue Origin

Tech
Gara-gara Blue Origin, NASA Hentikan Sementara Proyek dengan SpaceX