Korea

6 Alasan Kenapa Lee Do-hyun Layak Dikagumi

Mainmain.id

Posted on June 7th 2021

Paket Komplet yang Sayang Keluarga

SEJAK akhir tahun lalu, rasanya hari-hari kita selalu diisi oleh Lee Do-hyun. Setelah 18 Again tamat, kita masih bisa menyaksikan aksinya yang keren di serial orisinal Netflix Sweet Home. Dan kini, dua kali dalam sepekan, ia membuat penonton jatuh cinta lewat peran di drama romantis Youth of May.

Popularitas Do-hyun memang sedang meroket gila-gilaan. Awalnya sih memang berkat 18 Again. Namun, setelah menonton penampilannya di Sweet Home, fans semakin menyadari. Aktor 26 tahun ini tidak hanya modal tampang. Skill aktingnya memang top. Ia punya ratusan kualitas diri yang membuat fans semakin mencintainya. Daftar berikut hanya sedikit di antara yang ratusan itu.

 

1. Pemenang Baeksang

Soal akting, kemampuan Lee Do-hyun memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Ini bukan penilaian subyektif fans. Melainkan sudah diakui oleh industri hiburan Korea. Salah satu indikasinya, ia memenangkan gelar di Baeksang Arts Awards 2021. Sebagai Best New Actor. Atau aktor pendatang baru terbaik.

Ia mendapatkan titel itu lewat penampilan menawan di 18 Again. Dalam drama yang tayang sepanjang September sampai Oktober 2020 itu, ia memerankan seorang pria berusia 37 tahun. Yang terjebak dalam tubuh anak 18 tahun. Jadi, secara fisik ia masih SMA. Tapi memiliki mentalitas dan cara berpikir bapak-bapak yang usianya hampir 40an.

Itu berarti, Do-hyun membawakan peran dobel. Agar teman-teman sekolah tidak curiga, ia harus bersikap layaknya anak remaja. Tapi wibawa dan cara bicaranya benar-benar membuat kita percaya bahwa ia adalah orang dewasa. Akting yang sangat detail itulah yang mengantarnya merebut Baeksang.

Dalam ajang penghargaan itu, ia mengalahkan sejumlah aktor muda yang sama-sama bertalenta. Dan sedang ngetop juga. Seperti Kim Young-dae (The Penthouse), Song Kang (Sweet Home), Na In-woo (River Where the Moon Rises), serta Nam Yoon-su, yang tampil luar biasa di Extracurricular. So, masih meragukan skill akting Lee Do-hyun?

 

2. Tidak Rewel Genre

Sebagai aktor, bukan hanya skill-nya yang menawan. Dedikasinya juga patut diacungi jempol. Buktinya, ia berani mengambil peran-peran yang tidak biasa. Bahkan yang mengharuskan ia tampil tidak ganteng. Misalnya di Sweet Home.

Sebagai pemimpin para survivor dalam gedung apartemen yang dikuasai monster, ia selalu tampak kumal dan berdarah-darah. Tetap berkharisma, sih. Tapi secara visual sangat tidak memanjakan mata. Plus, di situ Do-hyun bukan cowok ganteng yang disukai banyak orang. Malah, ia cenderung dingin dan rasional. Sehingga dianggap tidak ramah.

Sejak debut pada 2017 lewat Prison Playbook (memerankan Lee Jee-ho muda), daftar serialnya memang masih sedikit. Tapi ia sudah mencicipi berbagai genre. Mulai drama romantis, thriller dan action, hingga dark fantasy. Di Hotel Del Luna, kita bisa membayangkan bagaimana kalau Do-hyun bermain di drama saeguk.

 

3. Fun dan Berisik

Kalau menonton klip-klip behind the scene drama, terlihat sekali bahwa Lee Do-hyun adalah cowok yang cablak. Ia tidak hanya ramah. Tapi juga sangat periang dan berisik. Ia bukan jenis orang yang selalu bercanda sepanjang waktu. Namun selalu bisa mencerahkan suasana.

Karakter yang fun ini semakin terlihat ketika ia tampil di variety show. Sejauh ini, ia beberapa kali diundang ke Running Man. Juga Knowing Brothers. Meskipun humornya belum sepecah para komedian, ia tidak malu tampil konyol. Ia dengan percaya diri memamerkan skill menari. Yang tidak bagus-bagus amat itu. Tapi justru membuatnya semakin menggemaskan.

Sampai sekarang, fans masih mengingat penampilan perdana Do-hyun di Running Man. Tepatnya pada April tahun lalu. Klip berisi kompilasi scene dia yang diunggah di YouTube resmi SBS ditonton hampir 4,3 juta kali.

 

4. Bisa Main Piano

Baru-baru ini Lee Do-hyun memamerkan kemampuan bermain piano. Tepatnya dalam klip behind the scene drama Youth of May yang diunggah kanal YouTube resmi KBS. Dengan santainya, bahkan sambil mengobrol, jari-jarinya dengan lancar memainkan komposisi Summer milik Joe Hisaishi.

Melihat selebriti Korea bisa bermain piano sebenarnya bukan hal yang tidak umum. Orang tua Korea menganggap piano sebagai skill bergengsi. Sehingga mereka cenderung menyuruh anak-anaknya ikut les piano. Namun, kata Do-hyun, ia tidak datang dari keluarga yang berkecukupan. Sehingga ia tidak pernah dimasukkan les piano. ’’Aku belajar sendiri. Menurutku skill bermain piano bisa mendukung karir sebagai aktor,’’ tuturnya ketika diwawancarai Cosmopolitan.

 

5. Paksa Orang Tua Pensiun

Pada akhir 2019, ketika belum sepopuler sekarang, Do-hyun punya cita-cita mulia. Ia ingin bekerja keras sepanjang 2020. Demi melunasi utang-utang keluarganya. Hingga saat itu, sang ibu masih bekerja sebagai pengantar koran. Ayahnya bekerja kantoran. Tapi gajinya sangat kecil. Sedangkan adiknya, Dong-hyuk, difabel.

’’Aku ingin, tahun ini hanya aku saja yang mencari uang. Ibu ayahku tidak perlu bekerja lagi. Sudah cukup lama mereka bekerja keras,’’ tutur Do-hyun kala itu, dalam wawancara kover Esquire Korea. ’’Mereka harus pensiun tahun ini,’’ tegasnya.

Do-hyun pernah bertanya pada ibunya. Kenapa dia tetap mengantarkan koran, meski anak sulungnya sudah menjadi aktor. ’’Dia menjawab, keluarga kami punya utang besar. Aku sangat berharap bisa melunasinya akhir tahun ini (2020, Red),’’ tutur Do-hyun. ’’Jika masalah itu beres, aku bisa tenang masuk wajib militer,’’ imbuhnya. Duh, sudah mau wamil saja, nih

 

6. Atletis

Dalam berbagai wawancara, Lee Do-hyun mengatakan bahwa dirinya sangat suka main basket. Itu olahraga favoritnya. Ia bahkan masuk tim basket sekolah saat SMA. Namun, ketika ingin menekuni basket, sang ayah minta ia lebih fokus belajar. ’’Aku dulu main jadi point guard. Mungkin kalau ayahku tidak melarang, aku akan jadi atlet saja,’’ ungkapnya kepada W Korea.

Namun, talentanya di lapangan basket ternyata cukup berguna ketika ia menjadi aktor. Setidaknya, dalam dua drama, ia harus beradegan main basket. Yakni di Prison Playbook dan 18 Again. Dari unggahan teman-temannya di media sosial, Do-hyun kerap unjuk skill di lapangan. Ia cukup mahir melakukan tembakan tiga angka.

Dari sejumlah kualitas itu, mana yang bikin Anda paling jatuh cinta pada Do-hyun? Hehehe…  (Retna Christa/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Related Articles
Korea
Youth of May 10, 2021: Cinta Bersemi di Tengah Pemberontakan Gwangju

Korea
Drama To Watch Selama Mei

Korea
Doom at Your Service: Park Bo-young Meneken Kontrak dengan Kehancuran