Sport

Hak Komersial untuk Klub Belum Jelas, LIB Putuskan Kickoff Liga 1 pada 10 Juli

Mainmain.id

Posted on June 7th 2021

PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum memberikan keputusan terkait besaran sharing hak komersial yang diterima klub Liga 1. Hak klub yang didapat LIB dari sponsor itu kerap disebut subsidi. Klub sebetulnya berharap sudah mendapat gambaran di pertemuan virtual yang digelar pada Kamis (3/6). Namun, LIB belum menyinggungnya. Mereka berjanji membahas masalah itu pada manager meeting yang digelar sebelum kickoff.

”Banyak yang harus lebih didetailkan. Karena itu, kami belum bisa menyampaikan besaran subsidi kepada peserta kompetisi. Kami akan rumuskan dan segera sampaikan kepada seluruh klub dalam manager meeting sebelum kickoff,” terang Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

Saat ini subsidi memang menjadi satu-satunya sumber pendanaan bagi klub. Dua pos penopang, yakni tiket pertandingan dan sponsor, sudah tak bisa terlalu diharapkan. Pertandingan yang digelar tanpa penonton tentu menghapus pos pemasukan dari tiket masuk. Begitu juga dengan sponsor. Situasi ekonomi dan bisnis yang belum pulih membuat pemasukan klub dari pos itu mengalami koreksi.

Saat berencana melanjutkan musim kompetisi Liga 1 2020, PT LIB dan PSSI sempat memutuskan besaran subsidi yang diterima klub Liga 1. Yakni, Rp 800 juta per bulan. Saat itu konsepnya pertandingan digelar tanpa penonton. Pertandingan dipusatkan di Jawa. Tim-tim luar Jawa difasilitasi berkandang di Jogjakarta dan sekitarnya. Tetapi, seiring dengan rencana sistem bubble-to-bubble seperti di Piala Menpora, angka tersebut sudah tak relevan.

Sementara itu, LIB telah memutuskan kickoff Liga 1 digelar pada 10 Juli mendatang. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan tidak adanya agenda AFC pada tanggal itu. ”Ada satu hal yang sangat dinamis terkait dengan jadwal AFC yang selalu berubah. Sebelumnya kami sempat memutuskan kickoff 3 Juli. Nah, sekarang tanggal 10 sudah matang dan tidak ada apa-apa lagi," kata Sudjarno, direktur operasional LIB.

Selain tidak adanya agenda AFC, 10 Juli 2021 juga bertepatan dengan hari Sabtu. Dengan begitu, dipastikan banyak yang bisa menonton kickoff Liga 1 2021 meski via televisi. "Dua minggu setelah Liga 1, dilanjutkan dengan kickoff Liga 2. Yang pasti sudah matang jadwalnya 10 Juli untuk Liga 1," jelasnya.

Meski tanggalnya sudah pasti, Sudjarno hingga saat ini belum membuat jadwal pertandingan. Rencananya, pembuatan jadwal dibahas dalam pertemuan berikutnya dengan klub-klub. "Terkait dengan jadwal memang tadi belum dibahas. Rencananya baru dibahas di pertemuan berikutnya terkait termasuk membahas hak dan kewajiban klub beserta hal-hal yang menyangkut komersial," paparnya. (Gunawan Sutanto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

Artikel Terkait
Sport
Liga 1 Kemungkinan Digelar dengan Sistem "Series"

Sport
Sekjen PSSI: Izin Sudah Ditandatangani

Sport
Tambaksari Masuk Kandidat Venue Liga 1