Lifestyle

Belum Dapat Jatah Vaksin? Ini 5 Cara Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh

Dwiwa

Posted on June 6th 2021

Program vaksinasi Covid-19 telah dimulai di Indonesia pada pertengahan Januari lalu. Sejak saat itu, jutaan orang yang masuk dalam kelompok prioritas telah mendapatkan suntikan vaksin. Meski begitu, terbatasnya jumlah dosis membuat vaksin masih belum tersedia bagi semua orang.

Kondisi ini tentu membuat orang-orang yang belum menerima vaksin harus melakukan lebih banyak tindakan pencegahan agar tidak tertular dan menjadi sakit. Salah satunya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh kita semakin kuat dan kebal dalam menghadapi beragam virus, termasuk yang menyebabkan Covid-19. Berikut lima cara jitu yang bisa dilakukan agar sistem imun bekerja lebih optimal seperti dikutip dari Eat This, Not That!.

1. Hindari makanan olahan

Menurut kardiologis dan ahli nutrisi dr Luiza Petre, salah satu cara sederhana dalam meningkatkan sistem imun adalah menjaga asupan makanan segar dan melakukan diet yang bersih. Dengan kata lain, kita sebaiknya menghindari berbagai jenis makanan olahan.

"Mengurangi peradangan dan membangun sistem imun di tubuh dengan makan makanan organik segar, menghindari gula dan apapun yang berasal dari kemasan,” ujarnya. Ini termasuk banyak sayuran, bumbu dan buah yang kaya vitamin C. Sebab, apa yang kita makan membantu mencegah dan menjaga tubuh dari peradangan kronis.

2. Buat rencana makan sehat

Rencanakan menu makan yang sehat untuk membantu menjaga asupan nutrisi yang dapat membuat sistem imun bekerja dengan baik.

"Buah dan sayuran menjaga komponen alami yang disebut fitonutrien yang membantu melindungi dari peradangan. Lemak sehat, seperti lemak tidak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3 juga membantu peradangan. Makanan tinggi lemak jenuh dan pengolahan tinggi akan meningkatkan peradangan dan melemahkan imun," ujar Petre.

 

3. Tambahkan probiotik ke dalam menu

Probiotik atau bakteri baik yang hidup dapat membantu sistem pencernaan tetap sehat di mana itu merupakan awal dari sistem imun.

"Sekitar tujuh puluh persen dari sistem kekebalan berada di usus. Probiotik adalah kunci untuk menyeimbangkan mikrobioma usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Probiotik melindungi tubuh dari patogen berbahaya, meningkatkan energi, meningkatkan suasana hati, dan memperkaya kesehatan dalam berbagai cara," jelas Petre.

Probiotik ini dapat dikonsumsi sebagai suplemen atau dengan makan makanan fermentasi seperti kimchi atau asinan kubis yang memberi makan bakteri sehat.

 

4. Olahraga

Olahraga telah lama dikenal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Petre mengatakan jika sudah terbukti bahwa aktivitas fisik secara teratur mengurangi risiko dan keparahan penyakit kardiovaskuler, diabetes, penyakit paru-paru, berbagai penyakit kronis, dan efek penuaan.

Aktivitas fisik membantu menyingkirkan bakteri di par-paru dan saluran udara, yang dapat menurunkan kemungkinan terkena flu, pilek, atau penyakit lainnya. "Olahraga menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih yang merupakan sel sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit," kata Petre.

Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa berolahraga setidaknya lima hari seminggu dibandingkan dengan tidak banyak bergerak menurunkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas. Bagi mereka yang memang sakit, mengikuti rutinitas ini membuat gejala mereka tidak terlalu parah sebesar 32 persen hingga 41 persen.

 

5. Perbaiki dengan tidur

Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak jika Anda ingin tetap sehat. "Tidur membantu mendukung sel dan protein sistem kekebalan Anda untuk menghancurkan dan mendeteksi kuman. Ini juga membantu untuk mengingat mereka, sehingga di masa depan mereka dapat melawannya lebih cepat," jelas Petre.

Ini juga sangat meningkatkan respons kekebalan tubuh. Karena itum pastikan untuk mendapatkan setidaknya tujuh jam per malam.(*)

Related Articles
Current Issues
4 Vitamin Ini Bantu Perkuat Sistem Imun Tubuh Loh!

Current Issues
Berapa Lama Sih Kemungkinan Kita Kebal Terhadap Covid-19?

Lifestyle
Kurangi yang Manis-Manis Karena Konsumsi Gula Berlebih Bisa Ganggu Sistem Imun