Tech

El Salvador Berencana Jadikan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran yang Sah

Jingga Irawan

Posted on June 6th 2021

El Salvador tampaknya akan menjadi negara berdaulat pertama di dunia yang bakal mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Dilansir CNBC Inernational, Minggu (6/6), Presiden Nayib Bukele mengumumkan kemitraan El Salvador dengan perusahaan dompet digital, Strike, untuk konsep kerja keuangan modern menggunakan teknologi bitcoin.

"Minggu depan saya akan mengirim RUU ke kongres yang akan membuat bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah," kata Bukele, dalam siaran video di Event Bitcoin 2021.

Sementara itu, pendiri platform dompet digital, Lightning Network Strike, mengatakan bahwa kabar ini bakal langsung populer di seluruh dunia dan bisa menguatkan posisi bitcoin.

"Memegang bitcoin sama dengan menyediakan cara untuk melindungi perekonomian dari potensi guncangan inflasi mata uang fiat (mata uang resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah atau bank sentral),” ungkap Jack Mallers.

Warga El Salvador mayoritas menggunakan transaksi tunai. Sekitar 70 persen orang tidak memiliki rekening bank atau kartu kredit dan bekerja di sektor informal. Sehingga, kebijakan baru itu diharapkan bisa mengubah kehidupan dan masa depan jutaan orang.

Sayangnya, bitcoin tidak dukung oleh aset apapun. Bahkan, mata uang tersebut tidak memiliki kepercayaan dan dukungan dari banyak negara. Misalnya Tiongkok, Korea Selatan, dan Rusia.

Menurut CNBC International, rincian mengenai cara kerja kebijakan ini masih belum diumumkan. Namun CNBC mengetahui bahwa El Salvador telah membentuk tim untuk membantu membangun ekosistem keuangan baru dengan bitcoin sebagai dasarnya.

Partai Nuevas Ideas milik Nayib Bukele memiliki kendali atas Majelis Legislatif Negara El Salvador. Jadi kemungkinan besar pengesahan RUU tersebut dapat dilakukan.

Mendengar kabar ini, penyedia layanan terkemuka teknologi open-source dan komersial bitcoin, Blockstream, berencana menyumbangkan teknologinya seperti liquid dan infrastruktur satelit untuk menjadikan El Salvador sebagai model bagi dunia. "Kami senang membantu El Salvador dalam perjalanannya menuju adopsi standar bitcoin," katanya.

Ini bukan langkah pertama El Salvador untuk mengadopsi bitcoin. Pada bulan Maret, Strike meluncurkan aplikasi pembayaran selulernya di negara tersebut. Dan, langsung menjadi aplikasi unduhan nomor satu di El Salvador.(*)

Related Articles
Current Issues
Sah! El Salvador Jadi Negara Pertama Mengadopsi Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Tech
Bos Twitter Lelang Twit Pertamanya Senilai Rp 35 Miliar, Buat Apa Orang Beli?

Tech
Dilarang Pemerintah, Penambang Bitcoin Tiongkok Bakal Pindah ke Amerika Utara