Tech

Tesla Ajukan Permohonan Produksi Sel Baterai Terbesar di Gigafactory Berlin

Jingga Irawan

Posted on June 5th 2021


Tesla Gigafactory oleh Becca Farsace/The Verge

Pada event rutin Tesla, Battery Day, tahun lalu, Tesla meluncurkan produk sel baterainya sendiri bernama Tesla 4680. Mereka sekaligus menjelaskan rencananya memproduksi sel baterai tersebut. Sel baterai ini menawarkan enam kali kekuatan yang lebih besar, dibanding sel baterai Tesla sebelumnya. Juga lima kali kapasitas energi lebih besar.

Tesla 4680 adalah sel baterai baru yang dibuat menggunakan bahan kimia berbeda dengan baterai sebelumnya. Komponen penyimpan daya listrik itu juga diklaim menggunakan material yang lebih mahal.

Dilansir dari Electrek pada Sabtu (5/6), Tesla telah secara resmi mengajukan permohonan untuk memproduksi sel baterai di Gigafactory Berlin. Dan diharapkan menjadi salah satu lokasi pertama yang membuat sel baterai Tesla 4680 yang baru.

Tesla diyakini berencana untuk memperluas pabrik sel baterai skala penuh di proyek Gigafactory Berlin, Texas, dan Tiongkok. Berdasarkan perkembangan konstruksi, sepertinya pabrik baterai di Berlin bisa menjadi salah satu yang pertama siap.

"Pabrikan mobil listrik Tesla telah secara resmi mengajukan permohonan ke negara bagian Brandenburg untuk mendapatkan persetujuan di bawah undang-undang pengendalian emisi untuk produksi sel baterai di Grünheide (Oder-Spree) sebagai peralatan tambahan untuk produksi kendaraan,” melalui RB244 diterjemahkan dari Bahasa Jerman oleh Electrek pada Kamis (3/6).

Menurut Kementerian Lingkungan Jerman, perusahaan asal AS itu juga telah sepenuhnya merevisi dokumen aplikasinya dan menyerahkannya ke Kantor Negara Lingkungan. Pembangunan Gigafactory di Jerman meman sempat terhambat karena izin lokasi dan proses produksi yang dinilai dapat menyebabkan kerusakan lingkungan di wilayah itu.

CEO Elon Musk sebelumnya juga mengungkapkan bahwa Tesla berencana untuk menggunakan antara 100 dan 250 GWh kapasitas produksi baterai di Gigafactory Berlin, Jerman.

“Saya pikir itu mungkin akan menjadi pabrik sel baterai terbesar di dunia. Saya pikir itu akan menjadi yang terbesar. Ini akan mampu menjadi lebih dari 100 GWh per tahun dan mungkin dari waktu ke waktu, itu akan menjadi lebih dari 200 hingga 250 GWh. Saya cukup yakin bahwa pada saat itu, itu akan menjadi pabrik sel baterai terbesar di dunia,” kata Elon Musk, dikutip dari Electrek. (*)

Related Articles
Tech
Pembuat Baterai EV Asal Tiongkok Perkenalkan Baterai Sodium-ion

Tech
Ford Produksi Sel Baterai Kendaraan Listrik Bareng Produsen Korea Selatan

Tech
Beralih ke Listrik, Mulai 2035 VW Setop Jual Mobil Berbahan Bakar Fosil di Eropa