Sport

Hasil Latihan GP Azerbaijan: Red Bull Tercepat, Mercedes Terlempar

Mainmain.id

Posted on June 5th 2021

LIHATLAH grafis sesi latihan Grand Prix Azerbaijan. Pada sesi kedua, tidak ada satu pun pembalap Mercedes di top ten. Sang juara bertahan terancam tampil hancur-hancuran. Itu seperti yang mereka alami di Monaco dua pekan lalu.

Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas hanya menduduki peringkat ke-11 dan ke-16. Dibandingkan dengan Sergio Perez (Red Bull-Honda) yang tercepat, Hamilton lebih lambat satu detik per lap.

Rekan setim Perez, Max Verstappen, juga tampil solid. Tercepat pada sesi pertama, dan kedua pada sesi kedua. Verstappen, yang mengambil alih puncak klasemen pembalap di Monaco, kini siap memantapkan posisi di puncak klasemen.

Sama dengan balapan di Monaco, race di Baku diselenggarakan di sirkuit jalan raya. Tim-tim yang tampil hebat di Monaco kini menunjukkan performa hebat di Baku. Tidak hanya Red Bull, tetapi juga Ferrari. Carlos Sainz dan Charles Leclerc tercepat ketiga dan keempat.

Sebaliknya, masalah yang dialami Mercedes sama dengan yang mereka derita di Monaco. Ban sulit panas. Bahkan, saat Hamilton menggunakan kompon paling lunak sekalipun.

Lomba di sirkuit jalan raya, babak kualifikasi selalu memegang peran lebih besar dalam menentukan hasil lomba. Artinya, tidak banyak poin yang diharapkan Mercedes dari Baku. Tidak usah memburu kemenangan, bisa meraih poin saja sudah bagus bagi juara dunia dalam tujuh terakhir itu.

”Hantu” Monaco nyata adanya di Baku. Dan, mereka tidak punya panah perak untuk mengusirnya. (Nanang Prianto/Harian Disway)

Tulisan ini sebelumnya telah tayang di Harian Disway (partner Mainmain.id)

 

Hasil Latihan GP Azerbaijan

Sepuluh Besar, Sesi Kedua

1. Sergio Perez, Red Bull-Honda 1 menit 42,115 detik

2. Max Verstappen, Red Bull-Honda 1.42,216

3. Carlos Sainz, Ferrari 1.42,243

4. Charles Leclerc, Ferrari 1.42,436

5. Pierre Gasly, AlphaTauri-Honda 1.42,534

6. Fernando Alonso, Alpine 1.42,693

7. Antonio Giovinazzi, Alfa Romeo-Ferrari 1.42,941

8. Lando Norris, McLaren-Mercedes 1.43,018

9. Esteban Ocon, Alpine 1.43,020

10. Yuki Tsunoda, AlphaTauri-Honda 1.43,130

Artikel Terkait
Sport
Sergio Perez Benteng Red Bull

Sport
Mercedes di Persimpangan Jalan

Sport
GP Prancis - Formula 1: Mercedes Kembali Jadi Unggulan di Sirkuit Permanen